Aster Panglima TNI : Komsos TNI Langkah Strategis Percepatan Penanganan Covid-19

PATROLI HUKUM.COM,

(Puspen TNI) . Komunikasi Sosial (Komsos) TNI merupakan bagian dari metode pembinaan dan memiliki tujuan untuk memelihara komunikasi dan silahturahmi antara TNI-Polri dan Aparat Pemerintah guna terjalinnya sinergitas persamaan persepsi. Melalui kegiatan Komsos TNI adalah momen yang tepat untuk kembali merapatkan barisan, menyamakan sikap dan tindakan bersama Polri, Aparat Pemerintah untuk melakukan langkah-langkah strategis percepatan penanganan Covid-19.

Demikian amanat tertulis Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni yang dibacakan oleh Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo pada acara Komsos TNI dengan Aparat Pemerintah secara virtual, bertempat di Posko Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2020).

Menurut Aster Panglima TNI, kegiatan Komsos TNI dengan Aparat Pemerintah tahun 2020 dengan tema “Peran Aparat Pemerintah Dalam Akselerasi Penanganan Covid-19” sangat relevan untuk meningkatkan serta menggugah kembali komitmen agar kita tetap proaktif, inovatif, optimal dan tidak surut ditengah berbagai kendala, hambatan dalam percepatan penanganan Covid-19. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa pandemi Covid-19 masih belum memberikan sinyal membaik, dimana pemberitaan dihiasi dengan meningkatnya jumlah pasien positif. Namun kita juga patut optimis dengan peningkatan pasien yang sembuh. Dalam fenomena sosial, pandemi Covid-19 tidak hanya terfokus pada peningkatan kasus positif yang disebabkan dari berbagai reaksi karena masih ada masyarakat yang kurang peduli dengan wabah ini. Dengan fenomena ini maka ada kecenderungan peningkatan angka masyarakat yang terdampak khususnya dari aspek ekonomi.

Aster Panglima TNI menyampaikan bahwa pemerintah sampai saat ini telah melakukan berbagai langkah dan cara serta mengkonsolidasikan seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki dalam menghadapi Covid-19. Upaya pemerintah tersebut tentu harus didukung oleh seluruh komponen bangsa. “Dalam hal penanganan Covid-19, TNI diminta maupun tidak tidak diminta sudah mengambil sikap dan menyiapkan diri untuk mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Upaya TNI dalam merespons perkembangan Covid-19 saat ini yang menjadi perhatian kita semua selalu menjaga stabilitas kondisi wilayah sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing. “Panglima TNI telah memerintahkan kepada satuan bawah untuk merespons dengan cepat kebijakan pemerintah dalam hal ini percepatan penanganan Covid-19. Ini semata-mata ditujukan agar kesejahteraan dan keselamatan rakyat Indonesia dapat terjamin dimasa yang sulit ini,” kata Mayjen TNI Madsuni.

Dijelaskan pula bahwa peran dan tanggung jawab segenap jajaran aparat pemerintah bersama TNI-Polri perlu diiringi dengan respons dan kepekaan terhadap krisis (Sense of Crisis) yang tengah berlangsung. “Sikap tersebut akan mendorong dan menggerakan kita secara solid dan militan untuk peduli, proaktif dan turut berkontribusi secara positif dalam percepatan penanganan Covid-19,” ucapnya.

“Untuk itu TNI-Polri dan Aparat Pemerintah selaku pilar utama kita harus aktif dalam determinan memacu akselerasi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sebagaimana harapan kita semua. Mengatasi pandemi merupakan suatu keharusan yang memerlukan kerja keras bersama, dan saya yakin kita dapat melakukannya,” tegasnya.

Sementara itu, dihadapan awak media Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan Komsos TNI-Polri dan Aparat Pemerintah sebagai ajang silahturahmi untuk memperkuat kebersamaan dan memberikan kontribusi nyata dalam percepatan penanganan Covid-19 dalam menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Keterlibatan TNI-Polri dan Aparat Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 sudah sejak awal sampai ke desa-desa, dengan melibatkan Babinsa, Babinpotmar, Bhabinkamtibmas dan lain-lain,” tandasnya. ( Marlin )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال