BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Konsisten dengan Program Mutiara Pattimura, Pangdam Tebar Belasan Ribu Benih Ikan

Patrolihukum.com, Mutiara Pattimura yang digagas Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon kini semakin terus berkembang. Baik di...


Patrolihukum.com,

Mutiara Pattimura yang digagas Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon kini semakin terus berkembang. Baik di bidang pertanian, pendidikan maupun bidang perikanan. Hari ini sebanyak 17.000 ekor benih ikan, disebar Pangdam di Keramba Jaring Apung di kawasan Air Salobar, Ambon, Kamis (09/06/2022). 


Kalau sebelumnya Pangdam merangkul perusahaan ikan, PT. SIS di Tual agar dapat membantu membeli hasil tangkap ikan nelayan setempat.

Kini, dilakukan penebaran bibit ikan di keramba jaring apung. Hal ini bertujuan  sebagai salah satu upaya membuat percontohan dan pedampingan budidaya ikan keramba kepada masyarakat, sekaligus sebagai wahana belajar bagi mahasiswa Fakultas Perikanan Unpatti sehingga ke depan diharapkan budidaya ikan keramba ini banyak dilakukan sebagai alternatif peningkat kesejahteraan  mayarakat di wilayah Maluku dan Maluku Utara.


"Bibit ikan yang ditebarkan hari ini adalah salah satu wujud kepedulian Kodam XVI/Pattimura, khususnya di bidang perikanan. Supaya masyarakat Maluku , maupun prajurit dan PNS Kodam dapat turut membudidayakan ikan yang menjadi komoditi pasar yang bagus, harapannya dengan langkah awal ini kesejahteraan pun meningkat," ujar Pangdam. 


Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan program Mutiara Pattimura, khususnya di bidang perikanan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas bibit ikan dan hasinya sehingga dapat mendongkrak perekonomian dan  kesejahteraan masyarakat.


"Disini mahasiswa dapat belajar atau melakukan riset dari mulai penaburan benih ikan, bagaimana pemeliharaannya, bisa menerapkan metode- metode sesuai perkembangan teknologi di keramba ini. Semoga ini dapat membawa nilai manfaat bagi masyarakat banyak sekaligus membantu pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid 19, nya di daerah Maluku dan Maluku Utara," harap Pangdam. 


17.000 bibit ikan ini terdiri dari 10.000 ekor bibit ikan kakap putih, 6.000 ekor ikan Bubara, dan 1.000 ekor ikan Kerapu. Jefry Slamta, yang sehari- hari bekerja sebagai PNS di Kodam XVI/Pattimura juga selaku koordinator Keramba Jaring Apung berharap program Mutiara Pattimura akan terus berjalan dan menebar manfaat untuk masyarakat. 


"Kedepan kami bisa pelihara dengan lebih baik lagi, sehingga hasil panennya dapat maksimal, apa yang dicita- citakan oleh Kodam di bidang perikanan dapat terwujud," katanya disela- sela acara itu. 


Tak hanya dihadiri oleh Pangdam, para pejabat Kodam, seperti Irdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan serta Persit, acara penaburan benih ikan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor II Universitas Pattimura, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Maluku, Kepala Balai Perikanan Provinsi Maluku, dan Pejabat Walikota Ambon. (Pendam XVI/Pattimura)

COMMENTS