Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) Peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia


Patrolihukum.com,

Kodam Jaya_Kalibata Jakarta Selatan. Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia dipimpin langsung oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo, bertempat di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta Selatan, Rabu (17/08/2022).


Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dan Ibu Ny. Untung Budiharto bersama-sama para pejabat negara lainnya turut mengikuti Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS).


Setibanya di lokasi Presiden Republik Indonesia dan Ibu Ny. Iriana Joko Widodo didampingi Pangdam Jaya/Jayakarta dan Ibu Ny. Untung Budiharto bersama-sama para pejabat negara terlebih dahulu melakukan penghormatan di gerbang Taman Makam Pahlawan Nasional Utama  Kalibata.


Selanjutnya, Presiden Ir. H. Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), sebagai wujud penghormatan tertinggi bagi para Pahlawan yang rela berjuang mengabdi dan mengorbankan jiwa raga demi membela Tanah Air Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diawali dengan pembacaan Naskah AKRS.


10.257 Pahlawan di semayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, sebagai Kusumah Bangsa mulai dari TNI dan Polri, Badan Perjuangan Kemerdekaan, Tokoh Nasional serta pahlawan tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata, Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Tanah Air Indonesia, sekaligus turut mendoakan agar diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.


Setelah itu, Presiden Joko Widodo memimpin prosesi mengheningkan cipta, yang diakhiri doa bersama dipandu oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, kemudian sebelum meninggalkan TMP Kalibata, Presiden dengan didampingi Para Pejabat lainnya melakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan kusumah bangsa.


Secara keseluruhan acara berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar, dihadiri para pejabat utama TNI/Polri, pejabat negara, pemerintah pusat dan daerah serta undangan.

(Pendam Jaya)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال