BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Diusia ke-77 Tahun, Infrastruktur Jalan Sebagai Prioritas Pembangunan Utama Tapanuli Utara

Patrolihukum.com, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si beserta Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara mengikuti Upaca...


Patrolihukum.com,

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si beserta Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara yang sekaligus hari jadi TNI Republik Indonesia bertempat di Stadion Mini Lapangan Serbaguna Tarutung. (Rabu, 05 Oktober 2022).


Dalam sambutannya Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si menyampaikan beberapa target prioritas pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara saat ini. 


"Saat ini, target prioritas pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara adalah interkoneksi Desa. Kita harus bisa memerdekakan Desa, Desa  kuat, Kota maju dan Indonesia berdikari. Yang kedua adalah meningkatkan kualitas pertanian yang merupakan DNA Kabupaten Tapanuli Utara. Berkat usaha dan kerja keras kita, tanah masyarakat yang berstatus hutan negara sudah banyak yang kembali ke Masyarakat. Semoga kedepan semakin bertambah tanah yang kembali kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara", harap Bupati Nikson Nababan. 

Bupati juga menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara bersatu untuk membangun daerahnya. 


"Tanpa persatuan, tanpa doa kita bersama, apapun yang kita kerjakan akan gagal. Kalau ada yang kurang dalam pembangunan Daerah kita, mari kita diskusikan bersama-sama. Mari kita tinggalkan perbedaan dan egoisme, saling merangkul dan bergandeng tangan untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara. Mari kita doakan bersama agar proposal pendirian Universitas Negeri Umum di Kabupaten Tapanuli Utara disetujui oleh Bapak Presiden. Berdirinya Universitas Umum Negeri di Tapanuli Utara akan berperan penting dalam meningkatkan ekonomi di Tapanuli Raya yang mencakup kepentingan umum, bukan hanya kelompok," pesan Bupati. 


Bupati Nikson Nababan juga menyampaikan pesan untuk masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara yang terdampak bencana gempa bumi. 


"Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah bekerja sama dengan TNI Polri dan seluruh lapisan masyarakat melakukan tindakan dalam penanggulangan bencana yang seperti pendirian posko tanggap bencana dan tenda darurat serta pembagian bantuan. Akan tetapi, masih banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan media sosial yang mengakibatkan keresahan masyarakat. Mari kita bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial," ucap Bupati Nikson Nababan. 


Dalam kesempatan sebelumnya, Sekretaris Daerah Indra S. H. Simaremare selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa dalam upacara perayaan hari jadi ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara terdapat beberapa rangkaian acara, diantaranya launching aplikasi bukalapo, pemberian piagam penghargaan, pembagian akta notaris kepada pelaku koperasi, pemberian alat paralayang kepada atlet, pemberian alsistan kepada kelompok tani, pemberian hadiah LCT dan acara hiburan. 


Dalam sambutannya, Forkopimda Tapanuli Utara yang diwakili Dandim 0210/Tu Letkol Inf. Hari Sandra menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Tapanuli Utara, TNI dan Bupati Tapanuli Utara. 


"Selamat ulang tahun yang ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara dan Tentara Nasional Indonesia serta selamat ulang tahun yang ke-50 untuk Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si. Meskipun kita diguncang bencana alam gempa bumi, kita patut bersyukur karena masih diberikan kesehatan oleh Tuhan. Bersama TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara mari kita bangkit lebih kuat," seru Hari Sandra. 


Sambutan dan ucapan selamat ulang tahun mewakili Kabupaten tetangga disampaikan oleh perwakilan Bupati Batubara.


"Pemerintah Kabupaten Batubara menyampaikan belasungkawa atas bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Tapanuli Utara, kami turut prihatin dan ikut membantu meringankan beban korban bencana gempa bumi. Dirgahayu Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-77 semoga jaya dan maju," sebut perwakilan Kabupaten Batubara. 


Kegiatan selanjutnya adalah Pemutaran video sewindu kepemimpinan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si yang berisi ringkasan peningkatan pembangunan daerah setelah dipimpin Bupati Nikson Nababan.

Mantan Bupati Tapanuli Utara Periode 2004-2014 Torang Lumbantobing juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Tapanuli Utara. 


"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Nikson Nababan atas undangan mengikuti Upacara Hari Jadi Tapanuli Utara ke-77 ini. Semoga upacara hari jadi ini melahirkan persatuan dan kesatuan bagi kita dimasa yang akan datang. Kita harus bersatu padu membangun Kabupaten Tapanuli Utara. 'Mangakkat rap tu ginjang manimbung rap tu toru ma hita saluhutna lao mambangun huta ta Tapanuli Utara on', sebut Torang Lumbantobing. 


Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Sanggam Hutagalung bersama dengan perwakilan perantau dari Kabupaten Tapanuli Utara juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun atas hari jadi Kabupaten Tapanuli Utara dan ulang tahun Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. 


"Selamat hari jadi ke-77 untuk Kabupaten Tapanuli Utara, selamat ulang tahun ke-50 untuk Bupati Nikson Nababan, semoga Kabupaten Tapanuli Utara cebat bangkit dari bencana alam gempa bumi, Tapanuli Utara berkarya dan berkelanjutan," seru Sanggam Hutagalung. 


"Kami perwakilan perantau dari Tapanuli Utara mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-77 untuk Kabupaten Tapanuli Utara dan selamat ulang tahun ke-50 untuk Bupati Nikson Nababan. Kami pihak perantau memberikan kado ulang tahun melalui bakti sosial kesehatan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Parmonangan dan Muara yang akan diselenggarakan mulai tanggal 6 Oktober 2022, " kata John Kennedy dan Ramos Sihombing. 


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Mantan Bupati Torang Lumbantobing dan Mantan Sekretaris Daerah Sanggam Hutagalung menyumbangkan lagu dalam rangka penggalangan dana untuk korban terdampak bencana gempa bumi yang mengumpulkan dana sekitar Rp. 40.000.000,.


Dalam upacara tersebut, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si juga menyerahkan bantuan alsistan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara yang terdiri dari 46 unit Cultivator, 54 unit Handtraktor, 23 unit Pemipil Jagung, 8 unit Mesin Kompos dan 1 unit Traktor Mini serta 5.000 Liter pupuk cair untuk 100 Kelompok Tani.

(Wahyu/red)

COMMENTS