BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Wabup Toba Meyakini Masalah Sengketa Tanah Antara Warga Tungko ni Solu dan PT. TPL Akan Tuntas

Patrolihukum.com, TOBA - Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak mengatakan keyakinannya akan penuntasan masalah sengketa lahan antara warga ...


Patrolihukum.com,

TOBA - Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak mengatakan keyakinannya akan penuntasan masalah sengketa lahan antara warga Dusun Tungko ni Solu, Desa Parsoburan Barat, Kabupaten Toba dengan PT.Toba Pulp Lestari (TPL).


"Sangat indah rasanya kebersamaan, kita telah saling mendengarkan seluruhnya dan artinya semua telah terbuka dan pemerintah akan tetap membuka fungsi sosialnya (hutan) sesuai regulasi dan aturannya," kata Wabup Tonny dalam rapat antara sejumlah warga Tungko ni Solu dengan Pemerintah Kabupaten Toba bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi terkait di Ruang Staf Ahli Bupati Toba, Senin (10/10/2022).


Pertemuan yang juga difasilitasi Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb ini membahas banyak hal pernyataan dan permintaan warga termasuk kasus yang dialami Dirman Rajagukguk vs TPL .Dirman   salah satu penatua Tungko ni Solu ini telah divonis PN Balige atas aduan pihak TPL tentang pembakaran dan penguasaan konsesi hutan TPL.


Menurut Wabup Tonny, penyelesaian permasalahan ini  ,jikalau ada kesehatian pasti semuanya bisa diatasi .


"Mengenai tapal batas (lahan warga dan konsesi hutan TPL)  kita harapkan akan ada Forkopimda,  tim dari semua pihak terkait bersama masyarakat turun mengecek ke lokasi, "katanya.


Dimohon juga warga bersabar karena semua ada proses yang harus dilalui.


Ia pun meminta sosialisasi semua pihak   yang terang tentang kehutanan ini sampai ke masyarakat. 


"Hendaknya, setiap persoalan jangan lakukan lagi tutup jalan, kita pemerintah dan Forkopimda siap mendengarkan masyarakat.

Harapannya lagi kedepannya kepada masyarakat mari tetap harmonis persoalan vonis yang telah diputuskan pengadilan,upayanya mari lakukan banding.Apa yang kita bahas hari ini semoga menjadi kebaikan bagi kita seluruhnya,"katanya menambahkan.


Pernyataan Wabup Tonny ini menyikapi kesimpulan hasil rapat Forkopimda dan warga Tungko ni Solu. Sebelumnya disampaikannya akan permohonan maaf dan salam dari Bupati Ir.Poltak Sitorus kepada warga .Bupati saat ini sedang melaksanakan tugas di luar daerah. 


Kemudian umpasa Batak (pantun berisi ujaran kebaikan) tentang indahnya kebersamaan  juga disampaikan oleh Wabup Tonny.


"Balintang ma pagabe tumundalhon sitadoan. Arita ma gabe molo tangkas hita masi paolooloan,"kata Wabup Tonny mengakhiri.


Wabup Tonny juga memimpin doa makan siang bersama.


Sebelumnya Kapolres Taufiq juga memberikan pendapat tentang permasalahan ini. Intinya disebutkan pihak polisi hadir memberikan pelayanan keamanan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dengan caranya dan bagaimana hidup berdampingan dengan perusahaan TPL .


Turut hadir Pabung Kodim 0210/TU Mayor Kaminton Napitupulu mewakili Dandim, Gilbeth Sitidaon mewakil Kajari Toba Samosir, Sekdakab Toba Augus Sitorus, Staf ahli Audi Murphy O.Sitorus,Asisten ,Kaban Kesbangpol ,Kabag  Setdakab, Camat Habinsaran Sabam Pardosi dan jajarannya, Elise Natalin dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) IV, dan lainnya.


Hadir juga   Deputy Social Capital Head TPL, Linggom Dongoran didampingi sejumlah stafnya Hendry, Rikky Bens H,Pius B,dan Oriza Simanjuntak. (Rahmad S/red).

COMMENTS