Magspot Blogger Template

SMA Negeri 1 Silahisabungan Ikut Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Pesta Budaya Silahisabungan Bolahan Amak Batu Raja




Patrolihukum.com,

Pesta budaya luhutan bolon ualu turpuk pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Batu Raja di Silalahi Nabolak, tepatnya dilaksanakan, di Tumaras (Tugu Makam Raja Silahisabungan) pada hari Jumat-Minggu 24-26/11/2023.


Pelaksanaan kegiatan tersebut, Parlin Sihaloho S.Pd sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Silahisabungan saat diwawancarai oleh awak media menyampaikan dalam kegiatan ini kami dari SMAN 1 Silahisabungan ikut berpartisipasi dalam pesta budaya Silahisabungan tahun 2023 Bolahan Amak Batu Raja.


Dalam hal ini kami membuat stan galeri ulos dimana kami memajangkan ulos budaya khas Silahisabungan baju kaos dan pernak-pernik lainnya, dimana ulos -ulos tersebut adalah hasil karya yang dikerjakan langsung  oleh anak-anak kami siswa -siswi SMAN 1 Silahisabungan.


Sambung Parlin Sihaloho S.Pd sejak awal kami melakukan pembinaan martonun sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan salah satu muatan kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan peserta didik untuk memperlajari isu-isu penting disekitarnya, sehingga budaya martonun ini tetap lestari dikarenakan ada yang terus memelihara dengan cara belajar langsung  cara membuat ulos itu dan inilah kesempatan kami memperkenalkan hasil karya siswa -siswi SMAN 1 Silahisabungan.


Bahkan keinginan kami bukan hanya dalam P5 saja, tapi hasil produksi ekstrakurikuler SMAN 1 Silahisabungan akan kami pasarkan sebagai karya spektakuler dimana ulos -ulos tersebut akan kami olah menjadi baju, tas, celana/rok dan lainnya, sehingga bernilai jual tinggi, jelas Parlin Sihaloho S.Pd.


Harapan kami kedepannya pemerintah dalam hal ini dinas Perindagkop dapat membina anak didik kami sehingga hasil tenunan ulos kami dapat lebih dikembangkan, berinovasi sehingga target kita ulos -ulos Silahisabungan dapat diperkenalkan kemanca negara, tutup Parlin Sihaloho S.Pd dengan semangat. (Samuel/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال