Magspot Blogger Template

Danlanud Sultan Hasanuddin: Semangat Berqurban Untuk Membantu Kepada Sesama Yang Membutuhkan



Patrolihukum.com,
Makassar - Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin (HND) menggelar Shalat Idul Adha 1445 H yang dipusatkan di lapangan Angkasa dan dihadiri seribuan personel dan masyarakat yang tinggal di sekitar Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/6/2024). 

Dalam sambutannya Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP.,  menyampaikan bahwa Idul Adha merupakan salah satu momentum dari sekian banyak hari besar Islam, yang memiliki dampak syiar bersifat ritual maupun sosial bagi pembangunan keagamaan di tengah-tengah masyarakat. “Idul Adha juga merupakan wujud rasa syukur kita, atas berbagai kenikmatan yang telah kita  peroleh,   serta  ketaatan   kepada perintah Allah SWT, agar kita selalu dapat mendekatkan diri kepada-Nya”, ucapnya. 

Lebih lanjut Marsma TNI Bonang Bayuaji mengatakan  bahwa, momen Idul Adha yang dirangkaikan dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban, diharapkan mampu meningkatkan  ketaqwaan  kepada  Allah SWT,  dengan berqurban kita dapat saling membantu kepada sesama yang kurang mampu dan membutuhkan. Hal tersebut merupakan wujud rasa syukur dan semangat berkurban untuk ketaatan kepada Allah dan kepedulian kepada sesama manusia”, ungkapnya. 

Bertindak selaku khatib sekaligus Imam pada pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H, Ustadz Ahmad Badry Abdul Djalil, LC. Dalam khutbahnya, Khotib menyampaikan tentang sejarah panjang perjuangan Nabi Ibrahim dalam menjalani kehidupannya guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai ujian dan cobaan yang tidak ringan salah satunya adalah perintah untuk menyembelih putranya yakni Ismail. “Dengan berkurban, kita dapat memaknai beberapa pesan positif Nabi Ibrahim, dimana kepatuhan dan ketaatan terhadap Allah SWT adalah hal yang utama, dengan berkurban hal tersebut dapat memupuk kepedulian kita dengan warga yang kurang mampu”, ucapnya. 

Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha,  dilanjutkan dengan penyembilahan hewan kurban yang dilaksanakan di Mesjid Nurussamawat. Dalam kesempatan tersebut  Danlanud Sultan Hasanuddin menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa satu ekor sapi.  Tahun ini, Lanud Sultan Hasanuddin menyembelih 28 ekor hewan qurban terdiri dari 11 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Panitia Kurban Lanud Sultan Hasanuddin menargetkan 1600 kantong daging qurban yang nantinya akan mendistribusikan kepada warga masyarakat kurang mampu di sekitar Lanud Sultan Hasanuddin. (Pen Hnd) 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال