BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Plt. Kadis Pertanian Letakkan Batu Pertama Pembangunan Bangsal.

Patroli Hukum Samosir, (01/06/2022) Pemerintah Kabupaten Samosir terus berupaya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam pemenuhan...


Patroli Hukum Samosir, (01/06/2022)

Pemerintah Kabupaten Samosir terus berupaya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam pemenuhan kebutuhan petani. Kali ini, Kementerian Pertanian Dirjen Hortikultura memberikan bantuan pembagunan bangsal dan peralatan pengolahan pasca panen kepada Kelompok Tani Seoulina. 


Pembangunan bangsal ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom bersama kelompok tani Seoulina (selaku pengelola).


Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir, Tumiur Gultom menyampaikan, bahwa bantuan pembangunan Bangsal ini merupakan hasil koordinasi dengan Kementerian Pertanian Dirjen Holtikultura Tahun 2022. Bangsal (gudang penyimpanan/ pengolahan) ini sangat dibutuhkan petani dan disalurkan melalui kelompok Tani Seoulina. Digunakan untuk kebutuhan pasca panen untuk menyimpan maupun mengolah hasil pertanian kentang. Disamping itu, Tumiur Gultom menambahkan bahwa kawasan pertanian di Hariara Pintu akan ditata dan dijadikan sebagai kawasan pertanian terpadu nantinya.


Pembangunan Bangsal Pasca Panen Hortikultura Poktan Seoulina Tani Desa Hariara Pintu akan dibangun dengan ukuran 8x10 m dan diharapkan akan memberikan peningkatan nilai tambah tanaman Hortikultura khususnya komoditi kentang. Selanjutnya akan menjadi salah satu penumbuhan UMKM Hortikultura Tahun 2022 dengan sasaran pengolahan bahan baku kentang menjadi produk olahan yaitu tepung kentang.

Disamping itu,  bangsal pasca panen komoditi kentang ini dapat menjaga pemanfaatan komoditi kentang ketika harga di pasaran turun sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan petani, terangnya.


"Mari gunakan sesuai kebutuhan, rawat dengan baik dan demi kemakmuran kelompok/petani.Pelihara kekompakan dalam pengelolaan bangsal dan alat pertanian. Tetaplah dijaga dan dipergunakan sebaik mungkin" kata Tumiur


Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian mengutarakan, akan tetap mendukung petani untuk mendapat bantuan. Kedepan, kelompok tani yang lain juga bisa mendapatkan bantuan yang sama, mari berlomba dan memenuhi persyaratan, penyuluh pertanian akan selalu siap membantu, ucapnya.


Pembangunan bangsal ini sangat didukung positif dan disambut baik oleh pemerintah setempat, Kelompok Tani dan masyarakat sekitar. Pembangunan akan ditetap dipantau dengan pendampingan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.


"Mudah mudahan bangsal ini dapat meningkatkan perekonomian kami dalam mengelola pasca panen nantinya" kata Rudianto.


Ketua Kelompok Tani Seoulina, Rudianto Matondang, berterima kasih kepada Pemkab Samosir yang telah berupaya memberikan bantuan pembangunan Bangsal dari Kementerian Pertanian.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/red)

COMMENTS