BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Bakamla RI Gelar Latma Pengambilan Sampel Pencemaran di Laut

Patrolihukum.com, Ambon, 18 Oktober 2022  (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard)---Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si. ...


Patrolihukum.com,

Ambon, 18 Oktober 2022  (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard)---Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si. (Han) bersama Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Djoko Nugroho, M.Si., secara resmi membuka Latihan Bersama (Latma) Pengambilan Sampel Pencemaran di Laut Zona Maritim Timur. Kegiatan berlangsung di salah satu hotel di Ambon, Kemarin.


Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang dibacakan Direktur Latihan Laksma Bakamla Suwito mengatakan Latma ini merupakan salah satu implementasi amanah dari Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2022, khususnya dalam menangani masalah pencemaran di laut atau oil spill. “Bakamla memiliki tugas untuk melaksanakan patroli keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia,”pungkas Laksma Bakamla Suwito menambahkan.


Penanganan pencemaran di laut membutuhkan penanganan khusus dan  spesifik, tergantung jenis pencemarannya. Agar dapat tertangani secara efektif dan efisien, personel Bakamla, instansi terkait dan instansi teknis membutuhkan latihan sehingga memiliki pengetahuan dan kemampuan yang profesional dalam penanganan pencemaran di Laut.


“Melalui Latma ini, diharapkan dapat memberikan pelajaran dan praktek serta meningkatkan profesionalisme penjagaan secara terorganisasi tentang penanganan pencemaran di laut dalam rangka mendukung penyidikan perkara atau tindak pidana pencemaran di laut sesuai ketentuan yang berlaku,”ujar Laksma Bakamla Suwito menutup sambutannya.


Latma ini diikuti sejumlah personel Bakamla yang berdinas di Kapal Negara yang di Ambon, Kantor Zona Bakamla Timur, Pangkalan Bakamla Ambon, Stasiun Bakamla Ambon, dan perwakilan K/L seperti Polair, TNI AL, PSDKP, KPLP dan Bea Cukai. 


Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.


Foto-foto : Humas Bakamla RI



COMMENTS