BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Bupati Samosir Berkantor Di Desa Desa Dengan Melanjutkan Program Bunga Desa

Patroli Hukum Samosir (24/01/2023) Bupati Samosir melanjutkan Program Bunga Desa (Bupati berkantor di Desa). Kali ini berkantor bersama jaja...


Patroli Hukum Samosir (24/01/2023)

Bupati Samosir melanjutkan Program Bunga Desa (Bupati berkantor di Desa). Kali ini berkantor bersama jajaran OPD berkantor di Desa Rinabolak-Kecamatan Onan Runggu. Turut hadir, PJ. Sekda Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Wakil Ketua DPRD Samosir, pantas M. Sinaga, Anggota DPRD Samosir, Magdalena Sitinjak dan Parluhutan Samosir serta pimpinan OPD.  


Bupati Samosir secara langsung menyerahkan bantuan pendidikan berupa sepatu, alat tulis dan buku kepada siswa berprestasi SDN 19 Rinabolak dan SDN 4 Janji Matogu. Memberikan bantuan pertanian berupa pupuk organik Kepada kelompok tani, BPJS Gratis dan perbaikan infrastruktur.


Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan tahun 2023 ini akan membangun jembatan dan memberikan penambahan anggaran sebesar 100 juta untuk Desa Rinabolak. Bantuan keuangan diharapkan untuk pembangunan infrastruktur termasuk kebutuhan pembangunan kantor desa. Pembangunan jembatan Simarpinggan-Sitahuan dan Simarpinggan-Rinahor untuk memudahkan akses masyarakat yang selama ini susah untuk dilalui. Kebutuhan tenaga kesehatan dan guru juga menjadi perhatian Bupati Samosir di Desa Rinabolak. 


Vandiko T. Gultom menjelaskan Bunga Desa dilaksanakan untuk   mengetahui secara langsung kondisi Desa, memberikan  berbagai pelayanan kepada masyarakat  dan mendengarkan langsung aspirasi mengenai kebutuhan desa, sekaligus memperpendek rentang kendali masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.


"Kami memindahkan semua pelayanan yang ada di Kabupaten. Melayani secara langsung  ke Desa. Hal ini untuk memudahkan dan membantu mempercepat pengurusan dokumen kependudukan dan dokumen lainnya" kata Vandiko. 


Pelayanan yang dimaksudkan antara lain, pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis dan vaksinasi Covid 19, pelayanan pengurusan dokumen kependudukan, perijinan, penyuluhan KB dan stunting, BPJS Gratis, pemberian pupuk organik dan bibit, bantuan pendidikan dan pelayanan lainnya. Bunga Desa Rinabolak juga menghadirkan Bank Sumut Cabang Pangururan. Hal ini untuk memudahkan masyarakat membuka rekening tabungan dan informasi KUR yang disalurkan Bank Sumut.


Atas usulan masyarakat Desa Rinabolak, Bupati Samosir mengerahkan alat berat melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan pembukaan jalan. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan alat berat untuk pembukaan akses jalan, baik menuju perkampungan maupun lahan pertanian dengan syarat pembebasan lahan minimal 6 meter.


Untuk Tahun 2023, Bupati Samosir mengungkapkan, akan menyentuh desa secara langsung, khususnya bidang infrastruktur dan pembangunan lainnya antara lain melanjutkan pembukaan jalan desa, sirtunisasi jalan, pelebaran jalan, pembangunan embung, penataan lahan pertanian, penataan lokasi wisata dan gerakan perubahan penggunaan pupuk dari  kimia menjadi pupuk organik melalui program "Pangula Nature". 


Sebagai solusi atas kelangkaan pupuk kimia bersubsidi, Bupati Samosir menerapkan penggunaan pupuk organik cair dan padat. Melalui Dinas ketapang dan Pertanian  melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani. Dengan demikian kebutuhan pupuk dikalangan petani akan dapat terpenuhi.


Dalam pemenuhan Universal Health Coverage (UHC) minimal 95 % penduduk harus terdaftar pada program JKN, sehingga kedepannya masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan cukup hanya membawa KTP maupun Kartu Keluarga. 


Bupati Samosir menargetkan kasus Stunting di Desa Rinabolak tuntas. Selama 10 bulan memberikan bantuan Rp. 3.500.000/ bulan  untuk pemenuhan gizi khusus stunting dibantu Kader PKK dan Bidan. 


Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir mengecek langsung kehadiran aparat desa, memastikan kehadiran. Bahwasanya, aparat desa harus betul-betul hadir dan kompak dalam melayani masyarakat.


Bunga Desa Rinabolak disambut antusias lapisan masyarakat, memberikan ulos (mangulosi) kepada Bupati Samosir sebagai wujud kebanggaan dari seluruh masyarakat atas kunjungan Bupati Samosir dan rombongan.

(Ruslan/red)

COMMENTS