Puluhan Warga Desa Sihiong Datangi Kantor PMD, Klarifikasi Perpindahan Sekdes.


Patrolihukum.com,

TOBA Desa Sihiong yang merupakan bagian salah satu desa dikecamatan Bonatua Lunasi terdiri dari  Tiga dusun. Desa Sihiong dipimpin langsung "Kepala Desa Robet Sitorus" dimana terjadi Ketidakcocokan dengan Sekretaris desa Juniaty(ASN)boru Pakpahan yang dipindahkan Sepihak oleh Kades Robet melalui Surat Petisi 23 tandatangan warga desa sihiong kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemerintah Kabupaten Toba. "Akibat pemindahan tersebut, Ratusan warga desa sihiong diwakili puluhan warga mendatangi Kantor PMDPPA Kabupaten Toba rabu 24 april 2024 pukul 10.00 wib.


Kadis PMD Rafles Sergius Gultom, S.Pd,M.Si didampingi Rudi Simamora(Kabid Pemdes) dan jajaran mengatakan, Dikabupaten Toba sangat menjunjung tinggi nilai Adat Batak dan Martonggo sesuai pesan Pak Bupati Toba. Kedatangan Puluhan Warga Desa Sihiong Kecamatan Bonatualunasi tentu ada maksud dan tujuan hingga ramai mendatangai PMDPPA. Perwakilan Warga desa sihiong meminta Sekdes Juniaty tidak dipindahkan. Selanjutnya para warga juga meminta banyaknya kesalahan yang diduga dalam kepemimpinan kades Robet Sitorus sejak 2021 agar diselidiki.


Kami akan menindaklanjuti dan seminggu kedepan akan kita buat pertemuan selanjutnya. Tugas saya adalah "Membina Kepala Desa"dan Bukan Pemindahan, kita akan koordinasi pemkab toba. Tahun ini baru saya bertugas di PMD, program kedepan ingin Mensejahterakan Desa dan Mandiri,tutup Rafles.

 

Antonius Sirait selaku Warga dan Mantan Kades Sihiong mengatakan, Kami mempertanyakan, Apakah Tandatangan yang dikumpulkan diduga Tim Kades Robet sitorus itu Asli Semua?


 Saya tambahkan, sudah ada 150 Tandatangan warga desa sihiong, menyatakan bahwa "Sekdes tidak pernah Meresahkan" malah selalu aktif membantu warga jika ada urusan administrasi ke desa, ucap Antonius.


 Kami sebagai Warga tidak terima adanya Pencemaran nama baik dan dikatakan Sekdes Juniaty Meresahkan Masyarakat Pak Kadis PMD! Kedua Apakah setelah ditandatang dan dikirimkan ke PMD dan Pemkab Toba, Massa tidak Ada Pertemuan Masyarakat? Ini Janggal semua pak, jadi Tolong kami minta SK perpindahan  yang sudah terbit dibatalkan dan Tolong Tegakkan Keadilan Pak.


Sudah Dua kali Surat Petisi dengan lampiran 23 Tandatangan Warga Desa Sihiong muncul baik di tanggal 20 maret 2023 dan 18 januari 2024 yang bertujuan Pemindahan Sekdes Juniaty Pakpahan, tutup Antonius.


Pantauan Tim media akan Situasi Perwakilan Puluhan Masyarakat Desa Sihiong yang mendatangi Kantor PMDPPA berjalan kondusif yang dijaga Satpol PP. Tampak hadir Puluhan Warga desa Sihiong dan BPD Desa Sihiong. (Rahmad/red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال