Panglima TNI Resmikan Monumen Pesawat N250 Gatotkaca

PATROLI HUKUM.COM,
“Apa yang ada dihadapan kita sekarang adalah bukti kehebatan dan kecintaan anak bangsa kepada negaranya serta kecintaannya kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebuah mahakarya yang telah membuat bangga seluruh rakyat Indonesia,” Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat meresmikan monumen pesawat N250 Gatotkoco. Bertempat di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta. Rabu (26/08/2020).

Pesawat yang digagas Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie itu kini menjadi koleksi ke-60 museum tersebut. Sebagai penghormatan terhadap karya anak bangsa, pesawat yang pernah membawa bangsa ini berjaya di bidang dirgantara ditempatkan di depan pintu masuk museum.

Sejak penerbangan perdananya pesawat N250 Gatotkoco pada tanggal Agustus 1995 kebanggaan itu masih bergaung hingga saat ini. Kehebatan pesawat kebanggaan karya PT IPTN yang sekarang menjadi PT Dirgantara Indonesia.

Pesawat N250 Gatotkoco Dengan mengusung teknologi fly by wire, dan berbagai teknologi yang canggih saat itu, penerbangan Gatotkoco di langit Nusantara dan langit Eropa telah melambungkan nama Indonesia di dunia penerbangan internasional.

“Peresmian monumen ini sekaligus sebagai bentuk penghargaan yang tinggi kepada Bapak Teknologi Indonesia, yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia melalui karya-karya beliau, termasuk N250 Gatotkoco,” Tegas Panglima TNI.

Tak lupa Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada PT Dirgantara Indonesia, yang telah menyerahkan Pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) Gatotkoco untuk melengkapi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta dan juga apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja sama menghadirkan N250 Gatotkoco di museum ini.

Penyerahan pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) Gatotkaca ini didasarkan pada Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020, tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Setelah di bawa dari Bandung menuju Yogyakarta dengan menggunakan truk trailer, pesawat N250 Gatotkaca, tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, pada Jumat, (21/8/2020) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasau, Pangkogabwilhan III, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Dirum dan SDM PT DI Bapak Sukatwikanto, Kepala Program N250, Bapak Djoko Sartono dan Pilot Pesawat N250 Gatotkoco Bapak Chris Soekardjono. (Marlin)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال