Danrem 052/ WKR Tanamkan Ideologi Cinta Tanah Air dan Patriotisme Kepada Bintara Otsus Papua

Patrolihukum.Com,

Kodam Jaya, Tangerang - Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E., mengajak Do'a bersama dalam rangka menyambut HUT TNI ke-76 tahun kepada para Bintara Otonomi Khusus (Ba Otsus) Papua di Aula Makodim 0506/Tangerang, Jl. TMP Taruna Kecamatan Sukasari, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Senin (4/10/2021).

Komandan Korem 052/Wijayakrama mempunyai tanggung jawab secara langsung terhadap siswa Bintara Otonomi Khusus dari Papua untuk menanamkan ideologi, rasa Cinta tanah air kepada NKRI. 

Mengawali pertemuan, Danrem 052/Wkr menanyakan, “Kenapa masalah Papua itu terjadi dan tidak selesai sampai saat ini....? 

Menurutnya Papua ada 2 (dua) tipe masyarakatnya, ada yang 

bisa menerima ideologi NKRI

dan ada juga yang belum bisa menerima ideologi Kita,” ungkapnya. 

Pesaudaraan senantiasa memperbesar persamaan, namun senantiasa juga ada juga memperkecil perbedaan, menurut orang nomor satu di Korem 052/Wkr yang akrab disapa Bapak Rano ini menerangkan bahwa kisah sejarah, dari "Monumen Pembebasan Irian Barat", yang merupakan sebuah patung ikonik hasil karya pematung Edhi  Soenarso di Kawasan Lapangan Banteng Jakarta Pusat, sebagai gambaran warga Papua. Mengapa di Papua masih ada saudara-saudara kita yang belum menerima ideologi NKRI. 

Dari Aliansi mahasiswa Papua 

tidak mau komunikasi lagi, tidak bersosialisasi lagi dengan warga lain. Danrem juga sependapat bahwa, orang Papua harus merdeka tetapi merdeka dari kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan saat ini. 

Do'a bersama kali ini mengambil dari tema HUT TNI ke-76, 

"𝘉𝘦𝘳𝘴𝘢𝘵𝘶, 𝘉𝘦𝘳𝘫𝘶𝘢𝘯𝘨, 𝘒𝘪𝘵𝘢 𝘗𝘢𝘴𝘵𝘪 𝘔𝘦𝘯𝘢𝘯𝘨".

Ia juga mengajak, “Generasi mendatang terutama Ba Otsus Papua mau bersosialisasi, komunikasi dan membaur dengan warga yang lain, supaya bisa maju setara dengan daerah lain”, pesan Danrem.

“Program pendidikan afirmasi

dan Program orang tua asuh diharapkan bisa berkomunikasi dengan baik. Rusaknya mahasiswa Papua karena adanya Indoktrinasi negatif, tidak komunikasi dengan warga lain dan aksi mimbar bebas yang tidak baik,”, menurutnya . 

Pada akhir sambutannya, Danrem  berpesan untuk selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan NKRI, jalin komunikasi hubungan baik dengan warga negara Indonesia yang lain dan tanamkan rasa cinta tanah air. 

Sebelum mengakhiri acara, Mantan prajurit Kopassus ini juga mengajak bernyanyi bersama kepada Ba otsus Papua. 

Turut hadir dalam acara ini, Kasrem 052/WKR, Para Kasi Korem, Para Dandim Jajaran , Para Danramil dan Babinsa pendamping. (MarlinN70)

Sumber Penrem 052/Wkr

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال