BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

DPC Peradi Bekasi Raya 2022-2026 Dilantik, Ini Dia Daftar Pengurusnya

Foto: Pengurus DPC Peradi Bekasi Raya foto bersama dengan DPN Peradi, unsur Pemkot Bekasi dan Polres Metro Bekasi Patrolihukum.com, Bekasi P...

Foto: Pengurus DPC Peradi Bekasi Raya foto bersama dengan DPN Peradi, unsur Pemkot Bekasi dan Polres Metro Bekasi


Patrolihukum.com, Bekasi

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Rumah Bersama Advokat (RBA) Bekasi Raya periode 2022-2026 telah dilantik pada hari Jum’at sore (21/01/2022) di Hotel Merapi Merbabu, kota Bekasi, Jawa Barat.


Pelantikan didasarkan pada Surat Keputusan DPN Peradi RBA No. 623/DPN-PERADI/I/ tentang Pembentukan DPC Peradi Bekasi Raya Masa Bakti Tahun 2022-2026, yang dibacakan Sekjen DPN Peradi RBA, Imam Hidayat, SH., MH. Ada 22 nama yang tercatat sebagai pengurus di berbagai posisi.


Wakil Ketua Umum DPN Peradi, H. Syahrizal Effendy Damanik, SH., MH, mewakili Ketua Umum DPN Peradi RBA, Dr. Luhut M.P Pangaribuan, SH., LL.M melantik Wisman Goklas Siagian, S.H., M.H., CLA., CLI., CHRA sebagai Ketua DPC Bekasi Raya, bersama seluruh jajaran kepengurusan. 


Wakil Ketua Umum didampingi Sekjen dan Bendahara Umum kemudian melantik DPC Peradi Bekasi Raya, dengan membacakan naskah pelantikan atas nama Ketua Umum DPN Peradi. 


“Mewakili Ketua Umum, kami menyatakan, bahwa dengan ini saudara-saudara resmi kami lantik dengan segala hak dan kewajiban yang melekat sesuai peraturan rumah tangga Peradi, dan Anggaran Dasar Peradi, guna menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai Pengurus Peradi Cabang Bekasi Raya,” ucapnya.


Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian SK DPN Peradi kepada Ketua DPC Peradi Bekasi Raya. Dilanjutkan lagi dengan pengalungan selempang bertuliskan DPC Peradi Bekasi Raya, kepada Ketua, Sekretaris dan Bendahara, mewakili seluruh pengurus.  


Prosesi puncak pelantikan berlanjut dengan penyerahan pataka dari Waketum DPN Peradi kepada Ketua DPC Peradi Bekasi Raya, yang kemudian Ketua DPC Peradi Bekasi Raya mengibarkan bendera organisasi, disambut tepuk tangan hadirin.

Adapun susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Bekasi Raya Periode 2022-2026 adalah sebagai berikut:


Dewan Penasehat

Ketua : Ekkum, S.H., M.H.

Anggota : Kristina Sibarani, S.H., M.H.

Lorenta R. Lingga, S.H., M.A.


Dewan Pengurus Harian

Ketua : Wisman Goklas Siagian, S.H., M.H., CLA., CLI., CHRA.

Sekretaris : Mario Rizky Sinaga, S.H.

Bendahara : Jonathan Geri Boy, S.H.


Bidang-Bidang

1. Bidang Organisasi, Keanggotaan, Penelitian dan Pengembangan

Ketua : Enrico Hamada Sibarani, S.H., M.H.

Anggota : Siti Rachma, S.H., M.H.

2. Bidang Ujian Calon Advokat, Magang dan Pendidikan Profesi Advokat

Berkelanjutan

Ketua : Rahmat Ari Septiawan, S.H., M.H.

Anggota : Bastian Noor Pribadi, S.H; Widhi Dwityaputra, S.H., M.H.

3. Bidang Kerjasama, Hubungan Luar Negeri dan Advokat Asing

Ketua : Hans Pribadi, S.H., M.H.

Anggota :

4. Bidang Pembelaan Profesi Advokat, Perlindungan dan Advokasi Organisasi

Ketua : Muhamad Restu Armansyah, S.H., M.H.

Anggota : Deni Sastra, S.H; Galileo Tumanggor, S.H.

5. Bidang Komunikasi, Informasi dan Publikasi serta Pengkajian Lawyering Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ketua : Jenrico Louis Hutabarat, S.H.

Anggota : Eka Darojat, S.H.

6. Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak serta Pengkajian, Dokumentasi dan

Pengembangan Perundang-undangan

Ketua : Dina Krisyanti Rupang, S.H.

Anggota : -

7. Bidang Kerjasama Antar Lembaga Penegak Hukum dan Lembaga lainnya, serta

Pendidikan Anti Korupsi dan Tidak Pidana Pencucian Uang (TPPU)

Ketua : Tegar Putera Satria Randa, S.H.

Anggota : -

8. Bidang Probono, Bantuan Hukum dan Advokasi HAM

Ketua : Junanda Wahid, S.H., M.H.

Anggota : Harry Christian Lumbantobing, S.H.

9. Bidang Advokasi Lingkungan Hidup, Masyarakat Adat, Sosial Budaya dan

Kerukunan Keluarga Advokat

Ketua : Joan Elma T. Margie, S.H.

Anggota : -


Ditetapkan di Bekasi

12 Januari 2022

Ttd;

Wisman Goklas Siagian, S.H., M.H., CLA., CLI., CHRA (Ketua) 

Mario Rizky Sinaga, S.H (Sekertaris)


Sementara itu, Saor Siagian, S.H., M.H dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi RBA, mewakili Ketua Umum DPN Peradi RBA, Dr. Luhut M.P Pangaribuan, SH., LL.M dalam sambutannya mengatakan, profesi Advokat itu sebenarnya memiliki kehormatan yang luar biasa, tapi sekaligus juga memiliki tantangan yang luar biasa.


Selain itu, Saor Siagian juga menjelaskan, bahwa organisasi Peradi sebagai wadah profesi Advokat yang pada dasarnya adalah organ negara dalam arti luas, yang bersifat mandiri (independent state organ). Dan sekaligus juga melaksanakan fungsi negara.


Sebab itu, Saor Siagian berpesan, agar para Advokat benar-benar menjaga kehormatan tersebut dengan nurani sehingga akan disegani.


“Saya ingin mengatakan, kehormatan yang dipercayakan Negara kepada Advokat, harus betul-betul kita jaga dengan nurani kita. Jika kita setia kepada kode etik dan sumpah, maka saya yakin, kita akan disegani,” ungkapnya.   


Adapun Wisman Goklas Siagian S.H., M.H., CLA., CLI., CHRA sebagai Ketua DPC Peradi Bekasi Raya mengatakan, tujuan pembentukan DPC Peradi Bekasi Raya adalah sebagai wadah berkumpul, berdiskusi dan berkolaborasi untuk menciptakan iklim penegakan hukum yang lebih baik di wilayah Bekasi Raya.


“Sesuai dengan tema kita, Advokat bergerak dalam satu komitmen. Advokat adalah penegak hukum, dan sebagai Advokat memiliki kewenangan yang diberikan Negara melalui Undang-undang Advokat. Dan sebagaimana kita tahu, profesi Advokat sangat terhormat,” ungkapnya.


Sebab itu, pengacara muda dengan sederet gelar ini mengajak seluruh rekannya seprofesi untuk menjunjung tinggi etika profesi.


“Mari kita menjunjung tinggi profesi kita sebagai Advokat yang berkomitmen, ber-Negara, berintegritas dan bermartabat serta menjunjung tinggi etika profesi. Dan  kepada rekan-rekan pengurus yang baru saja dilantik, mulai malam ini kita memiliki tantangan dan tanggungjawab yang besar untuk menjadikan DPC Peradi Bekasi Raya yang berintegritas dan bermartabat,” tandasnya. 


Acara dihadiri sekira 150 orang yang terdiri dari unsur DPN Peradi RBA, unsur Pemkot Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota, termasuk dari DPC Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Depok, Bogor, bahkan dari kota Medan, serta para tamu undangan. Pelantikan yang diketuai Rahmat Ari Septiawan, S.H., M.H itu berjalan lancar, dan ramah tamah berlanjut dengan makan malam dan hiburan. MAR/DANS

COMMENTS