Presiden RI Joko Widodo Meresmikan Revitalisasi Pembangunan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Hutaraja Dalam Kunjungannya Di Kabupaten Samosir

Patrolihukum.com,

Samosir - Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja dalam rangka peresmian revitalisasi pembangunan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Hutaraja, rombongan Presiden disambut langsung oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Wakil Bupati Martua Sitanggang dan Unsur Forkopimda Kabupaten Samosir di Dermaga Ambarita Kecamatan Simanindo,Rabu ( 02/02/2022)


Presiden Joko Widodo dalam sambutannya , mengapresiasi penataan kawasan tersebut sehingga menjadi lebih menarik, tertata rapi, dan berkelas. “Saya bersyukur hari ini bisa melihat bahwa Huta Siallagan beserta lingkungan sekitarnya sudah direvitalisasi, sudah ditata kembali. Sehingga, restorasi ini akan kita harapkan selain untuk konservasi adat budaya juga untuk destinasi pariwisata yang sangat menarik, tertata rapi, dan memiliki kelas,” ujar Presiden Joko Widodo".

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), penataan kawasan Huta Siallagan di lahan seluas 11 ribu meter persegi tersebut dilakukan selama tahun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp30 miliar. Penataan kawasan tersebut termasuk sejumlah lingkup pekerjaan, mulai dari revitalisasi Rumah Bolon Eksisting, penataan Ekstensi Rumah Bolon, Rumah Bolon Baru, pusat souvenir, Batu Persidangan, Sopo Anting, hingga sarana dan prasarana pendukung lainnya.


Dalam kunjungannya , Presiden Joko Widodo juga turut menyerahkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang cendera mata dan souvenir yang ada di kawasan Huta Siallagan.


setelah meresmikan revitalisasi pembangunan Huta Siallagan, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhi-suhi Toruan Kecamatan Pangurun, Presiden Jokowi disambut dengan tarian tor-tor dan penyematan Ulos motif bolean na mardukit yang bermakna semakin besar, semakin berhasil dan semakin gemilang dalam memimpin.


Presiden Jokowi juga mengelilingi kawasan perkampungan Hutaraja dan berbincang dengan pengerajin kain ulos (Partonun).Presiden berharap penataan Kampung Ulos Huta Raja ini dapat membantu upaya pemerintah dalam menjaga serta melestarikan warisan pusaka Tanah Air, “Semoga dengan revitalisasi ini, konservasi terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan”, ujar Jokowi.

Penataan Kampung Ulos Huta Raja yang memiliki luas lahan 16 ribu meter persegi dilakukan pada tahun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp25,8 miliar. Lingkup pekerjaan yang termasuk dalam penataan kawasan tersebut antara lain revitalisasi atap Rumah Bolon, pembangunan baru Rumah Bolon, Pusat Informasi Budaya Galeri dan Souvenir, penataan Pagar Makam, amfiteater/plaza, warung kopi, dan toilet umum.


Akhir dari sambutannya , Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Revitalisasi  i

tersebut dikerjakan oleh kementerian PUPR . Dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan terhadap revitalisasi ini.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال