SPAM lkk Kecamatan Onan Runggu Habiskan Anggaran, Kurang Lebih 5.4 m, Di Tambah Lagi Dari Dana Desa Onan Runggu 50 juta an.


Patroli Hukum Samosir (18 /05/2022)

Pekerjaan : pengembangan sistem penyediaan air minum , kec.Onan runggu (Dak)  Dana alokasi khusus ,tgl 28 juni 2018,dengan nilai anggaran kira kira 3,1,m..yg terletak di desa onan runggu,kec onan runggu, sumber dana dari dinas perumahan rakyat , kawasan permukiman dan pertanahan ,(PERAKKP) kab samosir.


Dana alokasi khusus, alokasi dari anggaran pendapatan dan belanja negara kepada ,provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan pemerintahan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.DAK termasuk di dalam dana perimbangan , disamping dana alokasi umum.


Namun SPAM IKK kecamatan Onan Runggu sampai saat ini tidak optimal dan banyak tidak tepat sasaran dan tepat guna.Maka masyarakyat sampai saat ini  selalu mengeluh,dan tidak merasakan atau menikmati hasil pembangunan nya.


Tahun 2020 ada lagi penyambungan dari pipa bangunan tahun 2018 yang berlokasi di simpang sosor si babiat yang di danai oleh dana Desa Onan Runggu, sambungan rumah kira kira,35 kk dengan jumlah dana sekitaran 50 jutaan.


Tanggal 26 agustus 2020,ada juga pengembangan jaringan perpipaan SPAM yang diketahui oleh : Hut Isasar Simbolon , sebagai Kepala Dinas PERAKPP.


Penyambungan perpipaan dari Desa Onan Runggu ke Desa Pakpahan,dan ke Desa Sitinjak, dan pada saat pembangunan sambungan ke Desa Pakpahan,dan Desa Sitinjak, Kepala Desa nya juga mengatakan bahwa, dengan adanya penyambungan perpipaan SPAM tersebut ,tidak pernah di sosialisasikan di Desanya atau pun di tingkat Kecamatan,"sebut kades NYA."


Dengan sumber dana dari Dinas Perumahan Rakyat , kawasan Permukiman dan Pertanahan, (PERAKKPP) Kab. Samosir, dengan jumlah dananya sekitaran, 2,2 m, lebih, dengan peruntukan sambungan ke rumah warga 165 kk, padahal informasi pertama yang kami dapat dari Bapak Anggiat Sahala Pandiangan, ST sebagai PPK ,bahwa sambungan ke rumah warga sekitaran 195 kk.Seminggu berselang awak media menjumpai kantor dinas PUTR , timbul lah pernyataan dari pihak dinas tersebut, bahwa sambungan rumah menjadi 165 kk,sebut " Masjudin Sihotang".


Dan Pak Hartono sebagai , PLT Dinas PUTR, menyampaikan kepada awak media ,apakah informasi anda siap menanggung resiko nya,jika tdak benar? Jawab awak media "siap".


Sesuai informasi  dari  Bapak Masjudin Sihotang, dan Anggiat Pandiangan bahwa pengembangan perpipaan tahun 2020 itu, telah terjadi 2 kali Addendum.Addendum1,dan Addendum 2. yang di kasi tunjuk oleh pak Masjudin sihotang ke awak media bahwa, perjanjian/kontrak, tetap nilai kontraknya.


SPAM Ikk Kec. Onan Runggu ini sudah sering di konfirmasi ke dinas terkait dan ke pihak pengelola, yang selalu macet dan tidak tepat guna dan banyak tidak tepat sasaran.Alasan dari pihak pengelola sering kebocoran pipa, apalagi setelah ada pengembangan perpipaan yang tahun 2020 sehingga tagihan pemakaian warga pun sering tidak di bayar oleh warga ataupun pembayaran juga macet. dan ada juga mulai di pasang meteran kerumah warga tidak pernah kebagian air tersebut, kenapa bisa terjadi? Ini lah keluhan warga,dan pihak pengelola.


terjadi pemasangan baru kerumah warga, dan warga juga membayar kepada si pemasang sambungan rumah tersebut kira kira jutaan rupiah per satu meteran atau per kk,tapi dalam pemasangan tersebut, atau hasil pemasangan nya di kasi kesiapa?katanya,pihak pengelolah.


Padahal proyek  2020 tersebut belum serah terima kepihak kecamatan. sampai sekarang, dan pihak pengelola pun sudah meminta data atau peta pekerjaan SPAM tersebut ke dinas terkait,belum juga di kasih oleh dinas,tegas Partogi situmorang.


Pengadaan air bersih di Desa Onan Runggu,tahun 2017, sumber dananya dari UPTD cipta karya Propinsi SUMUT kira kira 1 m lebih, tapi hanya 2 bulan bepungsi(mangkrak).


  masyarakyat berharap kepada Bapak Bupati Kab Samosir , Vandiko Timoteus Gultom, dan Wakil Bupati, Martua Sitanggang, agar SPAM Ikk Kecamatan Onan Runggu di perhatikan, dan di tinjau kembali.(jefri butarbutar/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال