BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Pemkab Toba Sambut Kehadiran Tempat Wisata Jabu Parsaktian Raja Pandua Domitian Pardede

Patrolihukum.com, TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba  menyambut baik hadirnya lokasi wisata baru Jabu Parsaktian Raja Pandua Domitian Pardede ...


Patrolihukum.com,

TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba  menyambut baik hadirnya lokasi wisata baru Jabu Parsaktian Raja Pandua Domitian Pardede yang terletak di Lumban Sipariama, Kelurahan Pardede Onan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Senin (04/07/2022)


Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Pj.Sekdakab Toba Augus Sitorus juga mengucapakan terima kasih atas usaha Soy M. Pardede sebagai inisiator pembangunan titik wisata baru di Kota Balige ini.


Ke depannya agar 3 A , lanjut Bupati, yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas dipenuhi  di lokasi,untuk menarik wisatawan.


Di lokasi yang strategis dengan panorama Danau Toba ini, Pemkab Toba melalui Dinas PU setempat akan membangun jalan di sekitar lokasi. Soal atraksi, Bupati meminta pihak Kelurahan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Toba  untuk membuat penampilan, seperti tortor dan lain sebagainya.


Sebelumnya Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak juga hadir di lokasi menyampaikan penghargaan yang tinggi atas peresmian lokasi  Lumban Sipariama, Kelurahan Pardede Onan, Kecamatan Balige ini menjadi salah satu objek wisata.Ia berharap lokasi ini dapat menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang diminati wisatawan.


Soy M. Pardede, dalam kata  sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan,Pemkab Toba dan jajarannya yang bl hadir mengikuti acara peresmian rumah Parsaktian Raja Pandua Domitian Pardede ini.


Ia sebagai salah satu  keturunan Raja Pandua Domitian Pardede juga mengajak semua pengusaha dan perantau asal  Kabupaten Toba agar ikut membangun  kampung halaman  dengan istilah “Martabe” (Marsipature hutana be) seperti yang dulu  pernah bergema di Sumatra Utara.


Disebutkan di area yang cukup luas ini ini, selain Ruma Parsaktian, juga dilengkapi dengan Homestay terdiri 4 kamar, taman, coffee shop,  dan aula pertemuan.


Hasil pantauan, di lokasi ini, selain pemandangan indah ke  Danau Toba,juga ada pemandangan perbukitan. Terasa juga suasana sejuk ala pedesaan walau berada di Kota Balige.


Turut hadir Staf Ahli Bupati Darwin Sianipar,  Plt.Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Perekonomian Jonni D.P Lubis ,Plt.Kadis Pariwisata Rusti Hutapea, Plt Kadis Perkim Tagor Siburian, Inisiator Bank Sampah IAS Toba Parlin Sianipar, Camat Balige Pantun J.Pardede, Kapolsek Balige, Lurah Pardede Onan, dan masyarakat setempat. (Rahmat S/red)

COMMENTS