Atasi Kegelapan Di Pedalaman Papua, Satgas Yonif Raider 321 Kostrad Pasang Instalasi Listrik

Patrolihukum.com,

Papua (Nduga). Prajurit Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad memasang instalasi listrik guna membantu penerangan warga pada malam hari di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Minggu (18/09/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Danpos Yigi Lettu Inf Lukman Nurhuda, S.T.Han. menyampaikan bahwa seperti diketahui, saudara yang berada di Distrik Yigi masih belum tersentuh oleh listrik PLN, dalam kesehariannya masyarakat menggunakan solar cell atau genset untuk setidaknya memberikan penerangan pada malam hari. Hanya beberapa rumah yang memiliki panel solar cell kecil dan satu genset untuk sekampung. “Hal ini sudah cukup untuk memberikan penerangan malam hari bagi kampung tersebut,” ucapnya. 


“Disamping itu juga hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan kembali Distrik Yigi yang sudah lama ditinggalkan oleh warga,” tambahnya.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa dalam pelaksanaannya, masyarakat masih belum mengerti jelas bagaimana menggunakannya terlebih lagi cara merawat alat tersebut. Lampu menyala beberapa bulan tetapi kini instalasi listrik dan sumber daya rusak karena kurang tepat dalam penggunaan serta perawatannya.


Danpos Yigi juga mengatakan bahwa Prajurit Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad yang mahir dalam bidang ini melaksanakan pengecekan instalasi listrik ke beberapa rumah warga dan memperbaiki kerusakan yang terjadi diantaranya kerusakan pada solar cell, genset, dan accu yang menjadi satu-satunya sumber daya listrik di kampung tersebut. “Kabel listrik yang menyambung ke rumah-rumah pun dirapihkan oleh prajurit karena kalau tidak dirapihkan hal itu dapat menjadi penyebab korsleting listrik,” ujarnya. 


“Warga sangat senang dan ikut turut serta membantu pengerjaan tersebut. Tidak lupa faktor keamanan diutamakan dalam proses pemasangan instalasi listrik ini,” kata Lettu Inf Lukman Nurhuda, S.T.Han.


Selesai pemasangan instalasi Listrik,  Bapak Lendinus Kogoya (22 ) mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Pos Yigi yang telah memasangkan instalasi listrik di tempat tinggal masyarakat Yigi. 


"Terimakasih Bapak TNI Pos Yigi sudah membantu kami memasang lampu penerangan, kami merasa senang, masyarakat sudah tidak kesulitan lagi saat malam hari. Semoga  Tuhan yang  balas Kebaikan Bapak TNI,” ucap Lendinus Kogoya. 


Sementara itu, saat dihubungi untuk dikonfirmasi, Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad  Mayor Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., mengatakan, pemasangan instalasi listrik ini adalah sebagai upaya kami untuk memberikan penerangan kepada warga binaan. 


“Kami juga akan selalu membantu perawatan instalasi ini, karena masyarakat belum ada yang mempunyai kemampuan memperbaiki kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan,” pungkas Dansatgas.


Autentifikasi : Papen Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letda Chk Arya Yudhistira, S.H.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال