BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Bantuan Berupa Bibit Dan Pupuk Yang Bersumber Dari APBD Samosir di serahkan Oleh Bupati Samosir

Patrolihukum.com, Samosir - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyerahkan bantuan pemerintah berupa Bibit dan Pupuk yang bersumber dari A...


Patrolihukum.com,

Samosir - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyerahkan bantuan pemerintah berupa Bibit dan Pupuk yang bersumber dari APBD Samosir, APBD Provsu dan APBN TA. 2022. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir. Jumat (21/10/2022)


Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Martin Manurung Center yakni Sahrochel M. Tamba bersama tim,  Kadis Kominfo Samosir Immanuel TP. Sitanggang, Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP, para PPL Pertanian dan perwakilan Kelompok Tani penerima bantuan.


Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP dalam laporannya menyampaikan bantuan pertanian yang diserahkan adalah Benih Padi Non Hibrida sebanyak 12.500 Kg dan Dolomit sebanyak 336,9 Ton yang bersumber dari APBD Kab. Samosir TA. 2022. 900 Batang Bibit Cengkeh dan Pupuk NPK sebanyak 1.800 Kg bersumber dari dana APBD Provsu TA. 2022. Selanjutnya, ada Pupuk Hayati Cair sebanyak 320 L, Pupuk Organik Cair sebanyak 320 L, Pupuk NPK sebanyak  6.000 Kg yang bersumber dari dana APBN Ditjen Hortikultura TA. 2022 melalui koordinasi dengan Anggota DPR RI Martin Manurung.


Tumiur menjelaskan bahwa penyerahan bantuan pertanian ini berupa bibit dan pupuk adalah dalam rangka upaya peningkatan produktifitas pertanian sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat, kususnya petani. Para Kelompok Tani penerima bantuan adalah poktan yang sebelumnya sudah memberikan ajuan dan pendampingan dari Dinas Ketapang dan Pertanian, termasuk penerima Bibit Cengkeh adalah kelompok tani yang daerahnya  memiliki sejarah unggulan penghasil cengkeh, maka pemberian bantuan bibit cengkeh ini adalah untuk upaya revitalisasi dan replanting komoditas Cengkeh melalui pendampingan Dinas Ketapang dan Pertanian.


Dalam Sambutannya Sahrochel M. Tamba ,Mewakili Martin Manurung Center ,  mengharapkan agar  bantuan ini sampai kepada petani dan tepat sasaran dan semoga bermanfaat bagi penerima.


"Kami sebagai perpanjangan tangan Bapak Martin Manurung di Kabupaten Samosir, siap bekerjasama dengan para petani. Kami siap berdiskusi tentang bagaimana upaya kita mendorong sekaligus meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Samosir", ujar Sahrochel M. Tamba.


Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam arahannya menyampaikan bantuan yang diserahkan hari ini bersumber dari dana APBD Samosir, APBD Provsu dan APBN Kementerian Pertanian berkat pendampingan dari Anggota DPR RI Martin Manurung.


"Inilah bentuk sinergitas yang baik antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang selama ini kami bangun. Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Martin Manurung bersama tim, yang telah melakukan pendampingan sehingga bantuan ini dapat kita terima", terangnya.


Kepada Kelompok Tani penerima bantuan berharap agar bantuan ini disampaikan kepada seluruh anggota kelompok dan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan jangan sampai memperjual belikan.


Anggota DPR RI Martin Manurung , menyampaikan bahwa bantuan ini akan tetap dimonitoring melalui Dinas Ketapang dan Pertanian. 


"Beliau menyarankan agar petugas PPL agar sungguh-sungguh mendampingi kelompok tani dalam melaksanakan budidaya untuk mendukung pelaksanaan program dan kegiatan pertanian di Kabupaten Samosir, sehingga tercapai peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat" ujarnya.


Mewakili penerima bantuan, Ketua Kelompok Tani Satolop Desa Tamba Dolok, Sahat Rajagukguk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Samosir, Pemprovsu, Pemerintah Pusat dan juga kepada Anggota DPR RI Martin Manurung beserta tim atas segala upaya sehingga penyerahan bantuan ini dapat terlaksana."Terima kasih juga telah memperjuangkan kami para petani. Kami siap mendukung seluruh program yang dilaksanakan oleh pemerintah khususnya dalam bidang pertanian", katanya.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan )

COMMENTS