Pemanfaatan daun Eucalyptus menjadi minyak Atsiri,

Patrolihukum.com,

TOBA, - Pemanfaatan daun Eucalyptus menjadi minyak Atsiri, dinilai sebagai salah satu solusi dalam mendorong pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya dikawasan Hutan Tanaman Industri (HTI). Demikian disampaikan dalam acara Silahturahmi Awal Tahun 2023, bersama tim Media Relation Toba Pulp Lestari (TPL) pada hari Rabu, 28 Januari 2023 lau.


Manager Media Relation TPL, Dedy Armaya, (Jumat, 03/02/2023) menyampaikan ide pemanfaatan daun Eucalyptus tersebut memberikan pengetahuan dan peluang baru bagi dukungan dan pertambahan ekonomi masyarakat. Menurut Dedy Armaya, TPL selaku perusahaan HTI dengan bahan baku kayu eucalyptus mengapresiasi ide dan kreatifitas pemanfaatan daun Eucalyptus menjadi minyak atsiri.


“Tim Media Relation TPL sangat mendukung ide dan kreatifitas dari rekan-rekan Jurnalis Toba untuk mencoba memanfaatkan dan mengolah daun Eucalyptus. Seperti yang kita ketahui bersama perusahaan hanya membutuhkan batang kayu eucalyptus, sementara daunnya bisa dimanfaatkan masyarakat melalui Jurnalis untuk dijadikan minyak Atsiri Eucalyptus,” kata Dedy Armaya yang hadir bersama tim Media Relation TPL.


Dedy menjelaskan, rencananya program dan uji coba penyulingan minyak Atsiri Eucalyptus akan dilakukan para Jurnalis di Toba pada pertengahan bulan Maret 2023 mendatang. Minyak atsiri dari hasil penyulingan akan dibawa terlebih dahulu ke Laboratorium untuk melihat kadar terbaik dari minyak Atsiri.


Kemudian hasil uji laboratoriumnya disampaikan ke publik untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Selanjutnya program penyulingan akan diberikan kepada masyarakat yang bermukim disekitar kawasan HTI Eucalyptus.


"Kita harus memberi penyadaran kepada masyarakat, bahwa dikawasan Toba terdapat HTI yang ditanami pohon eucalyptus milik TPL. Dengan begitu bahan baku daun Eucalyptus menjadi minyak Atsiri akan semakin gampang didapatkan,” jelasnya.


Menurutnya sudah saatnya Jurnalis memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat dalam pengelolaan minyak Atsiri Eucalyptus yang nantinya akan memberi peluang baru dan pertambahan nilai ekonomi keluarga.


Produk minyak Atsiri Eucalyptus memiliki nilai dan pangsa pasar yang baik. Bahkan minyak tersebut sudah digunakan sejumlah perusahaan untuk menghasilkan produk yang dikonsumsi masyarakat. Seperti sejumlah produk yang beredar diantaranya Fresh Care, Minyak Telon dan Hand sanitizer telah menggunakan minyak Atsiri Eucalyptus, sebagai aromatraphy untuk kesehatan dan kesegaran tubuh.


“Bila nanti program ini berjalan dan menghasilkan minyak eucalyptus terbaik dari penyulingan minyak atsirinya, maka jurnalis akan menawarkan kerjasama dengan berbagai perusahaan penghasil produk kesehatan, sehingga minyak atsiri eucalyptus yang dihasilkan dari masyarakat dapat disalurkan kepada perusahaan yang membutuhkan,” tutup Dedy.

(Rahmad/red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال