Rektor Unika St.Thomas Medan, Bapak Prof.DR.Maidin Gultom SH.MHum resmi Lantik Pengurus Persaudaraan Advokat Fakultas Hukum dan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unika St Thomas Medan.


Patrolihukum- Medan, (28/2/2023)

Prof.DR Maidin Gultom SH.MHum sebagai Rektor Unika St.Thomas Medan melantik Pengurus Persaudaraan Advokat Fakultas Hukum dan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unika St.Thomas periode 2023-2028 di Aula Magna Perpustakaan UNIKA ST.THOMAS MEDAN.


Dalam pidatonya, Prof.DR Maidin Gultom.SH.MHum: "Sangat mengapresiasi dan mendukung terbentuknya wadah tersebut sekaligus bangga, karena saat ini muncul wadah baru di internal fakultas hukum yang memiliki motivasi dan tujuan yang mulia, yaitu menyatukan para Advokat dan Alumni Fakultas Hukum untuk dapat melakukan komunikasi yang baik dan Sinergitas antara alumni dengan mahasiswa terutama dengan pihak kampus atas dasar dasar spiritualitas berdirinya Unika St.Thomas Medan ". 


"KEBERPIHAKAN SECARA TEGAS KEPADA MASYARAKAT TERMARJINALKAN , TERPINGGIRKAN DAN MISKIN".


Dengan demikian akan terbangun sebuah Keluarga Besar Unika St. Thomas yang sangat harmoni dan teraplikasi dalam lingkungan masyarakat luas.

Semoga muncul lagi wadah wadah baru di internal Fakultas yang ada di kampus  sehingga tercipta keakrapan yang saling mendukung demi kemajuan dan berkembangnya UNIKA ST.THOMAS Medan.


Selanjutnya diakhir sambutannya Beliau menyerahkan SK  Kepengurusan dan Cendramata kepada Ketua Persaudaraan Advokat Fak.Hukum Unika St.Thomas Medan yaitu Bapak Ganda M.Napitupuli SH dan Ketua Alumni Fak.Hukum Unika St Thomas Medan yaitu Bapak Saut Turnip.SH.


Dalam acara ini, dihadiri oleh mahasiswa/i sebanyak 300 orang dan tamu undangan lainnya. 


Ganda Napitupulu SH selaku ketua Persaudaraan Advokat dalam sambutannya: "Mengucapkan terima kasih kepada Prof DR.Maidin Gultom.DH.MHum dan DR.Elisabet Butarbutar.SH.MHum yang telah mendukung penuh rencana pembentukan 2  wadah sekaligus di internal Fakultas Hukum Unika St.Thomas hingga pada hari Selasa 28-02-2023 ini Pengurus kedua wadah tersebut resmi terbentuk dan  dilantik untuk periode 2023-2027". 


Beliau menyampaikan bahwa Advokat Alumni Fak.Hukum Unika St.Thomas berjumlah 500 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Visi dan Misi Menghimpun seluruh Advokat fak.Hukum Unika St.Thomas dalam satu rampak langkah untuk selalu berempati terhadap masyarakat miskin yang termarjinalkan dalam pemenuhan Hak Hak Hukumnya.


Begitu juga dengan Bapak Saut Turnip SH selaku ketua Alumni Fakultas Hukum Unika St.Thomas Medan menyampaikan: "Bahwa sudah ada alumni sebanyak 4000 orang dengan segala profesinya yang tersebar di seluruh Indonesia, dan berharap agar seluruh alumni Fakultas Hukum dapat terjalin komunikasi yang harmonis sehingga tercipta keakraban keluarga besar Unika St.Thomas Medan.


Dalam kegiatan selanjutnya adalah sesi Kuliah Umum.


Narasumber yaitu Bapak Alex Cosmas Pinem SHHum KADIV PELAYANAN HUKUM DAN HAM dari KANWIL KEMENKUMHAM SUMATERA UTARA, dengan Materi ; "PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL". 


Dalam pemaparannya beliau menyampaikan: "Bahwa kekayaan Intelektual adalah kekayaan yang tumbuh atau lahir dari kamampuan intelektual manusia berupa karya-karya dibidang  Tehnologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra. 


Jenis kekayaan intelektual ada 2 jenis yaitu, personal dan komunal. 

Personal meliputi Karya Cipta, Merek, Paten, Disain Industri, Disain Tata Letak Serkuit Terpadu ( DTLST).


Komunal meliputi karya Ekspresi Budaya Tradisional, Pengetahuan tradisional, Sumber daya genetik, Indikasi geografis (potensi).


Diakhir pemaparan Alex Cosmas Pinem SHHum, mengajak seluruh mahasiswa dan alumni Fak hukum Unika St Thomas Medan untuk selalu kreatif dan aktif berkarya dalam segala kegiatan Intelektual secara personal maupun komunal agar tercipta karya karya karya baru dan mendaftarkannya kepada instansi terkait agar bisa menambah sumber pendapatan/ in come dan hak haknya dijamin oleh Undang Undang.


Kemudian dilanjutkan dengan paparan Narasumber yang kedua yaitu Bapak Paul Baja Marudut Siahaan seorang pebisnis sukses (owner),PT RAPALA.


Namun beliau tidak bisa hadir karena harus melakukan Medical Check Up di Singapura. Beliau hanya menyapa seluruh Panitia dan audens melalui sambungan zoom meeting dan selanjutnya diwakilkan kepada bapak Ir.Ramses Simbolon MSi, memperkenalkan lebih rinci tentang kepribadian Paul Baja Marudut Siahaan adalah anak dari Lintong Siahaan Mantan Direktur PTPN II dan IV, dan menikah dengan istri bernama Paulina Simbolon dan telah dikaruniai 5 orang anak. 


 PT.RAPALA siap bekerja sama dengan pihak Unika St.Thomas Medan dan membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk praktek lapangan atau magang dan bekerja sebagai karyawan maupun mitra kerja di perusahaan PT.RAPALA.


Raja Baja Marudut Siahaan, ingin mengabdi lebih jauh dan lebih luas kepada Masyarakat melalui jalur politik.


Sekarang beliau memutuskan untuk maju dalam kancah Legislatif dari Partai PDI-Perjuangan untuk duduk di DPR RI.


Ramses Simbolon, meminta kepada seluruh mahasiswa dan alumni Unika St.Thomas Medan untuk dapat bergandengan tangan dalam mewujudkan harapan Paul Baja Marudut Siahaan untuk dapat duduk sebagai wakil rakyat di DPR RI. Sehingga seluruh aspirasi rakyat dapat tersalurkan melalui Rumah Aspirasi PAUL BAJA MARUDUT SIAHAAN yang berada di Jln.Sei Serayu Kota Medan.


Ir.Ramses Simbolon MSi dalam kesempatan ini, mengingatkan kita kembali akan Dasar dasar Spiritualitas berdirinya UNIKA ST.THOMAS MEDAN. yaitu: KEBERPIHAKAN SECARA TEGAS KEPADA MASYARAKAT YANG TERMARJINALKAN DAN TERPINGGIRKAN. 


Fakultas unggulan adalah Fakultas Pertanian dan Hukum. Alasan memilih kedua fakultas tersebut adalah untuk mensejahterakan masyarakat petani yang terpinggirkan dan pemenuhan Hak Hak Hukum masyarakat yang tertindas.


Diakhir pemaparannya,  beliau juga mengatakan bahwa para mahasiswa Unika St Thomas Medan sudah tepat dan tidak salah memilih untuk menimba ilmu di Unika St.Thomas.


Karena Unika St.Thomas Medan terkenal dengan MILITANSI PARA MAHASISWANYA. MELAKUKAN PENDAMPINGAN TERHADAP MASYARAKAT YANG TERPINGGIRKAN DAN TERMARJINALKAN, dan telah sejajar dengan Kampus terkenal lainnya sejak tahun 1997, adik- adik mahasiswa harus bangga dengan almamatermu dan jangan lupa berinteraksi dengan para senior dan masyarakat luas untuk dapat meraih SUKSES".


"Karena kesuksesan tidak dapat tercapai tanpa bantuan dan dukungan orang lain".


Akhirnya beliau menutup pemaparannya dengan mengucapkan, "Selamat dan sukses kepada para Pengurus yang baru dilantik dan semoga tetap terberkati oleh Tuhan yang Maha Kuasa".


Seluruh rangkain telah berakhir dan ditutup dengan pembacaan DOA. (Ridcat/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال