Polres Samosir Berbagi Tali Kasih Terhadap Korban Longsor Di Tepi Danau Toba Tulas

Patroli Hukum Samosir (03/05/2023)

Polres Samosir sangat peduli dengan masyarakyat Samosir , kejadian tanah longsor di tepi Danau Toba Tulas desa Siboro ,kecamatan Sianjur Mula Mula , Kabupaten Samosir ,Polres Samosir dengan cepat merespon memberikan bantuan sembako.


Berikutnya polres Samosir memintai keterangan kepada korban pemilik rumah Juita Br Sagala (Ma Bela Siboro) , mulai pukul 23.00 wib hujan deras membasahi Tulas ,Desa Siboro .Pada saat itu sekira pukul 00.30 Wib (Rabu 03 Mei 2023), juita mendengar suara arus sungai yang kuat, sehingga melihat keluar rumah. Sesampainya diluar rumah melihat posisi mobil pick up hitam miliknya sudah posisi miring mengarah kedanau. Selanjutnya masuk kerumah membanguni 4 orang anaknya dan mengajak kerumah mertua di tulas menggunakan kendaraan roda dua.

Saat melewati jembatan dekat rumah, dianya melihat air sungai sudah melewati batas tengah ketinggian badan Alur Sungai (3/4 dari badan alur sungai).

Sekira pukul 02.00 Wib Juita melihat rumahnya sudah roboh dan mobil pickup miliknya sudah tidak berada ditempat. Pada saat berangkat menuju rumah mertuanya, jembatan masih ada dan saat akan kembali ke rumah, melihat tanah yang menghubungkan jembatan sudah amblas ke danau toba sehingga tidak bisa lagi melintasi jembatan.


Setengah dari Badan Rumah  milik Juita Br Sagala (Ma Bela Siboro) dan Jetlin Siboro (Amani Viktor Siboro).

Kendaraan Roda 6 milik Jetlin Siboro 1 unit,  1 Unit gilingan jagung dan 1 Unit Kendaraan Roda Empat Milik Juita Br Sagala

Kedua Unit Rumah tersebut persis di tepi pantai danau toba menghadap ke danau toba dengan jarak 2 meter dari tepi danau toba yang berdekatan dengan Alur akhir Sungai Tulas kedanau toba.


Jetlin Siboro (Amani viktor)

Pada saat kejadian posisi masih di Kaban Jahe, namun rumah ditinggali antonius sagala (lae jetlin).

Pada saat hendak berangkat ke kaban jahe, Jetlin memarkirkan Kendaraan miliknya di pinggir jalan dekat jembatan (dum truck Canter), Gilingan Jagung.

Sesampainya di tulas pukul 06.00 Wib, melihat dua buah jembatan sudah rusak dan daratan yang menghubungkan kedua jembatan sudah tidak ada (amblas ke danau). Selanjutnya melihat Dum Truck dan gilingan jagung miliknya sudah tidak berada di tepi jalan dekat jembatan karena sudah amblas ke danau toba.


Halomoan Sagala / Ama Tanta warga masyarakat Desa Ginolat Kec. Sianjur mula-mula yang dagang kelokasi longsor menyampaikan bahwa Pada hari selasa tanggal 02 Mei 2023 mulai sekitar pukul 18.00 Wib daerah Kec. Sianjur mula-mula dengan cuaca hujan deras. Pada Pukul 22.00 Wib - 24.00 Wib hujan makin deras.


Selanjutnya Kapolres Samosir menyerahkan bantuan sosial kepada kedua keluarga yang menjadi korban longsor "Kami keluarga Besar Polres Samosir Turut Merasakan Kesedihan Keluarga Saat ini, Kondisi alam saat ini tidak bisa diprediksi. Saat ini kita sudah berkoordinasi dengan BPBD Kab. Samosir terkait Hanyutnya Dua Mobil upaya untuk melakukan pencarian. Terlepas dari pada materi yang hilang lebih terpenting keselamatan jiwa. Bantuan ini semoga dapat meringankan ibu dan keluarga. Semoga tetap kuat dan sabar dalam menghadapi kehidupan ini."


Bantuan sosial yang diserahkan Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H berupa sembako yakni;

1. Beras Ukuran 5 Kg sebanyak 10 Sak

2. Telor sebanyak 5 Krat

3. Indomie sebanyak 5 Kardus

4. Sarden sebanyak 5 Kaleng

5. Pop Mie sebanyak 5 Kardus

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال