Polres Samosir bersama TNI dan Dinas PUPR Gotong Royong Bersihkan Materil Tanah Longsor Di Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian Kabupaten Samosir

Patroli Hukum Samosir (04/05/2023)

Personil Polres Samosir yang dipimpin oleh Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H melaksanakan pengecekan, pengawasan dan pembersihan materil tanah longsor di Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir.


Dalam kegiatan tersebut Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H didampingi oleh :


a). Pabung Kodim 0210/TU, Kapten G Sebayang

b). Camat Harian, Hartopo Manik

c). PJU Polres Samosir

d). Staf Dinas PUTR Kab. Samosir

i). Personil Polres Samosir

j). Koramil Harian.


Bencana tanah longsor tersebut terjadi di dua titik yang terletak di Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir, antara lain :

a). Jembatan Lombang Sitolu-tolu Holbung Sihotang menuju objek wisata Bukit Holbung

b). Pintu masuk menuju objek wisata Bukit Holbung


Pengelola objek Wisata Bukit Holbung an. Apoi Sihotang, menerangkan :

Bahwa pada hari Rabu tangga 03 Mei 2023 sekitar pukul 23.00 wib telah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi dan disertai durasi yang cukup lama sehingga terjadi tanah longsor yang menutupi badan jalan dan mengakibatkan akses jalan menuju objek wisata Bukit Holbung Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir tidak dapat dilalui kendaraan.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana tanah longsor tersebut.


Adapun pelaksanaan proses pembersihan materil tanah longsor yakni dengan menggunakan 1 (satu) unit alat berat Buldoser milik Dinas PUTR Kab. Samosir dibantu Personil Polres Samosir dan Personil Koramil Harian yang menggunakan alat seadanya seperti Cangkul, Kerokan Tanah/Garpu Tanah dan  Angkong.


Selain di dua titik tanah longsoran yang besar, Personil Polres Samosir juga membersihkan longsoran tanah kecil disepanjang jalan Desa Hariara Pohan.

Kegiatan pembersihan meteril tanah longsor selesai dilaksanakan dan arus lalu lintas sudah dapat dilalui kendaraan.


Polres Samosir menyampaikan agar melewati jembatan lokasi tanah longsor , kiranya kendaraan roda empat yang bermuatan berhati-hati melintas dan khusus kepada kendaraan roda enam dan lebih agar kiranya tidak melewati lokasi tersebut karena jalan lokasi jembatan tersebut masih bertanahkan labil, kita takutkan terjadi longsoran kembali.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال