Magspot Blogger Template

Ribuan Keturunan Raja Sonakmalela Se-Indonesia dan Dunia Tumpah Riuh Padati Jubileum 50 Tahun Monumen Pusaka Padan Raja Sonakmalela

Patrolihukum.com,

TOBA, Pesta akbar Jubileum 50 Tahun Monumen Pusaka Padan Raja Sonakmalela yang dihadiri hampir 5000 tamu sukses berjalan  dengan hikmat dan meriah yang ditandai dengan Peniupan lilin oleh perwakilan Keturunan Raja Sonakmalela. Raja Sonak Malela merupakan tokoh Batak dari Toba keturunan generasi ke-6, merupakan anak ke-4 dari Raja Sibagot Nipohan. Monumen pusaka padan Raja Sonakmalela yang berpusat ditengah kota balige resmi berdiri bulan Agustus 1973, menjadi Nama kesatuan dari anaknya Raja Simangunsong, Raja Marpaung, Raja Napitupulu dan Raja Nona ni Onan Pardede. Sebelum pesta Akbar Jubileum 50 tahun tersebut berlangsung, keturunan raja sonakmalela sudah melakukan rangkaian kegiatan Gotong royong, Ziarah ke Tambak Orangtua Raja Sonakmalela,yaitu Raja Sibagot Ni Pohan dikompleks Sibagot ni pohan Balige. Uniknya acara tersebut di isi dengan "Deklarasi 5 pernyataan sikap dan Pembentukan Punguan Raja Sonakmalela Se-Indonesia dan Dunia yang berpusat di Balige,Kabupaten Toba ".(Minggu 3 September 2023)


Ketua Panitia St.Martua Simangunsong didampingi Lekam Pardede dan Astita Simanjuntak dalam pidatonya mengatakan, Pesta Jubileum 50 tahun monumen pusaka padan raja sonakmalela merupakan Bentuk syukur keturunan raja sonak malela se-indonesia dan dunia serta sekaligus mempererat tali silaturahmi antar ke-4 anaknya dan Boru. Pesta ini juga turut dihadiri Tulang marga Pasaribu, sekaligus Bona Ni Ari Raja Sonakmalela. Tidak lupa juga Aha Doli atau Abang kami Tuan Sihubil, Tuan Somanimbil, dan Tuan Dibangarna yang hadir memenuhi undangan dan memeriahkan pesta Akbar ini. 


Dikesempatan kali ini juga, Kami bersepakat membentuk "Punguan Raja Sonak Malela Indonesia & Dunia yang direncanakan berkantor pusat di Balige Kabupaten Toba". Selain itu kami keturunan raja sonakmalela juga akan Berdeklarasi 5 pernyataan sikap demi mempererat lebih tali silaturahmi kedepan harinya,ucap Martua.


Ketua Perkumpulan Raja Marpaung Se-Indonesia dan Dunia Daud Marpaung didampingi Mangantar Marpaung, Arifin marpaung mengatakan, Kami dari Punguan Raja Marpaung sangat berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Panitia Jubileum 50 Tahun Raja Sonakmalela yang menyelenggarakan acara besar ini. Kami sangat bangga menjadi keturunan Raja Sonakmalela bisa hadir kembali di pesta Emas 50 tahun Monumen Pusaka Padan Raja Sonakmalela. 


Mewakili DPRD Toba Effendi SP Napitupulu Mengatakan, Terimakasih atas undangan panitia kepada Dprd toba

Terimakasih atas Kehadiran Amang-inang di Pesta Jubileum 50 Tahun Monumen Pusaka Padan Raja Sonakmalela yang berlangsung di Tanah Lapang Sisingamangaraja atau Venue Balige dihari Minggu ini. Sebagai mana kita ketahui Raja Sonakmalela adalah salah satu Raja yang berdomisili daerah Toba. Menikah dengan boru Pasaribu dan memiliki 4 anak, Raja Simangunsong, Marpaung,Napitupulu dan Bona ni Onan Pardede. Saya sendiri kini menjabat sebagai Ketua Dprd toba, bermarga Napitupulu dan keturunan Raja Sonakmalela. Walaupun tangan ini tidak bisa berjabat tangan satu-persatu, namun kami yakin "Ikatan kita pasti erat dan mampu menyatukan kita pomparan Raja Sonakmalela". 


Sebagai Marga yang sangat besar, kami mengapresiasi atas acara ini. Menjadikan ajang pertemuan saling tatap muka, sulaturahmi dan mengenal antar keturunan Raja Sonakmalela. Baik itu, Abang Simangunsong, Marpaung dan adik Pardede, serta tidak lupa Boru, Bere, Ibebere, terlebih Tulang kami Marga Pasaribu. Turut serta Undangan Punguan Tuan Sihubil,Tuan Somanimbil, Tuan Dibangarna.Terlebih juga undangan lainnya Bupati Toba dan jajaran.serta Kapolres Toba, ucap Effendi.


Terakhir di Tahun Emas ini 50 Tahun, menjadi moment mengenang sejarah kembali bagi kita keturunannya. Akhir kata  Dikutip dari tema acara Amsal 17 ayat 4 mengatakan, " Mahkota Orang-orang tua adalah Anak Cucu dan Kehormatan Anak-anak adalah Nenek moyang mereka". Dengan mencerna Tema dan Subtema yang diangkat panitia Jubileum maka Keturunan Raja Sonakmalela harus Saling Menghargai, Menghormati, Menyayangi dan Saling Menjaga diantar Keturunannya, ucap dua kali menjabat Dprd Toba tersebut. 


Oloan F.Pardede didamping Perantau Mangara Pardede, Dumoly Pardede menambahkan, Kami dari Keturunan Marga Bona ni Onan Pardede Sangat Bangga menjadi Saksi sejarah untuk yang kedua kalinya. Kami adalah adik paling kecil dari Abang kami Simangunsong, Marpaung, Napitupulu. Kalau kami ingat mengulang sejarah, Dulunya di bulan Mei dimulai pembangunan Monumen Pusaka padan Raja Sonak Malela yang di inisiasi dan oleh Abang Simangunsong dan TD Pardede. Selesai pembangunan dan diresmikan dibulan Agustus 1973 dan kini berusia 50 tahun. Kita keturunan Raja Sonakmalela sudah memiliki Ikrar peninggalan nenek moyang kita sebelumnya. Kini kita akan bersama-sama Deklarasi untuk seluruh Keturunan Raja Sonakmalela dan Membentuk Punguan Raja Sonakmalela Se-Indonesia dan Dunia. Kami berharap kedepan selesai dari acara ini, mari kita lebih bersatu padu dan kompak baik yang ada dikampung halaman Toba maupun diperantauan. Saling bahu membahu,gotong royong, sepenanggungan dan memajukan generasi keturunan Raja Sonakmalela dikemudian hari,ucap pria 75 tahun tersebut.


"Diantara 5 ribu tamu undangan, hadir Mayjen TNI(Purn) Karev Marpaung, Tito Napitupulu,Amin Napitupulu, Mangara Pardede, perwakilan keturunan raja Sonakmalela 16 kecamatan ditoba, Perwakilan se-Indonesia dan Dunia". 


Rangkaian acara pesta Akbar tersebut berlangsung Meriah diawali Kebaktian singkat oleh Pdt. Boho Pardede, peniupan lilin 50 tahun, Adat Batak Toba Panortoran kepada Dongantubu, Tuan Sihubil-Somanimbil-Dibangarna, Undangan Pemkab Toba, Hula-hula Pasaribu sebanyak 200 orang. Doa bersama yang dipimpin Hula-Hula Pasaribu bagi Keturunan Raja Sonakmalela yang ikut dalam Pileg dan Pilkada tahun 2024. Terakhir Hiburan artis Toba, Fashion Show, Pertunjukan Tarian Sanggar dan Doorprize dengan hadiah utama 4 kulkas.(Tim PH)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال