Magspot Blogger Template

Unit Donor Darah Kabupaten Dairi Laksanakan Bakti Donor Darah di Kecamatan Silahisabungan


Patrolihukum.com,

Kab.Dairi Kegiatan kali ini adalah bakti Donor Darah yang ketiga kalinya yang dilaksanakan di kuasi Paroki Santa Maria Bunda Karmel Silalahi, namun pada hari ini Kamis 11/01/2024 adalah kegiatan awal pembukaan di tahun 2024.


Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama unit donor darah Palang Merah  Indonesia (PMI) Kabupaten Dairi, unit darah ini baru ada 2 tahun di Sidikalang dan Pastor Bernardus serta beberapa tim yang sudah sering mendonorkan darahnya.


Dokter Boksa Tampubolon mengatakan bahwa untuk selanjutnya kita akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini setiap tiga (3) bulan sekali, karena donor darah yang benar dan dianjurkan adalah donor darah setiap tiga bulan sekali.


dr Boksa Tampubolon menjelaskan bahwa manfaat dari donor darah yang teratur ini ada tiga (3), yang pertama (1) pembentukan sel-sel darah merah dan putih yang muda sehingga mempercepat sehingga tubuh kita lebih segar dan sehat, maka ukurannya adalah 3 bulan kedelapannya sudah dapat mendonorkan darahnya kembali, sehingga sel-sel darah yang sudah tua  tidak menumpuk dan mengakibatkan pengentalan darah, sebagai ciri-cirinya sulit berpikir, sulit konsentrasi, tegang dileher dan sebagainya namun dengan kita donor darah maka hal itu akan jauh dari kita.


Kedua mengurangi resiko stroke dalam hipertensi, hipertensi kecendrungan akan mengalami stroke, dengan kita donor darah maka resiko tersebut akan jauh berkurang,


Mengurangi resiko penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah dan jantung, jangan sampai pakai cincin dijantung, dan jangan terkena gangguan jantung koroner, kita dapat mencegahnya dengan cara donor darah yang teratur.


Yang ke tiga (3) adalah mengurangi kadar asam urat,, didalam darah itu, plasma darah itu banyak asam urat yang membuat kita nyeri bengkak pada persendian, jangan kita langsung meminum obat sembarangan sehingga timbul penyakit baru seperti gagal ginjal.kenapa kita tidak donor darah saja jika kita dapat mencegahnya.


Dengan kita donor darah kita secara langsung telah medical check Up tensi kita diukur, banyak penyakit kita akan kita cek up, Hepatitis B,C,dan banyak penyakit lain, sehingga sekali lagi mengapa kita tidak donor darah?, agar kita lebih mengetahui status kesehatan kita, dan perlu diketahui bahwa kegiatan ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya yang artinya gratis, gratis, gratis, ucap dr Boksa dengan senyum kecilnya.


dr Boksa Tampubolon menambahkan bahwa unit donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Dairi ini baru berdiri dua (2) tahun PMI itu banyak unit-unitnya ada unit bencana, unit markas, unit organisasi dan unit yang saya pimpin adalah unit yang paling primadona yaitu unit donor darah sebab apa gunanya kita PMI jika darah kita tidak ada.


Kita telah banyak membantu ketersediaan/kebutuhan darah di RSUD Sidikalang, akhir -akhir ini dari 70 kantong darah menjadi 80 hingga 90 kantong darah terutama saat-saat libur banyak para pendonor sedang berlibur namun kita tetap memiliki stok kantong darah.


Harapan kami dari unit donor darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Dairi adalah terciptanya kelestarian pendonor, semakin banyak pendonor semakin banyak kantong darah, jadi tidak lagi istilah/ ucapan kosong darah, itulah tujuan dan keberadaaan unit donor darah PMI Kabupaten Dairi, tutup dokter Boksa Tampubolon.


Sedangkan dikesempatan bersamaan Ardonius Sidebang sebagai kepala Desa Silalahi 1 yang juga hadir saat kegiatan bakti Donor Darah tersebut menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan ini sangat positif sehingga saya secara pribadi adalah sebagai pendonor hari ini, karena satu kantong  darah dapat menyelamatkan satu nyawa, jadi marilah kita berdonor agar lebih banyak lagi dapat kita selamatkan, selain itu juga donor darah adalah sebagian dari kesehatan bagi kita, jelas Ardonius Sidebang.(Samuel/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال