Foswar Gelar Pelatihan Jurnalistik

PATROLI HUKUM.COM, Rokan Hulu - Bupati Rohul, H. Sukiman yang diwakili Asisten II Rohul, Ir. Ruslan membuka secara langsung pelatihan jurnalistik dan sosialisasi UU no 40 tahun 1999 tentang pers yang yang ditaja oleh Forum Solidaritas Wartawan (Foswar) Kabupaten Rokan hulu yang dilaksanakan di Hotel Sapadia Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu kamis (19/12/2019).

Acara pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Foswar Rohul diawali dengan persembahan tari tepak sirih yang sudah menjadi ciri khas Rokan Hulu yang diikuti oleh tokoh pemuda-pemudi dari 16 kecamatan serohul.

Asisten II, Ir. Ruslan menyampaikan sambutan kegiatan acara pelatihan ini sangat bagus sekali hal ini bisa menambah wawasan dalam menulis berita tetapi sesuai dengan paktanya  jangan menulis yang tidak-tidak yang tidak sesuai dengan paktanya. 

"Pemberian sertifikat yang diberikan foswar ini sangat bagus sekali untuk menambah wawasan dalam mengikuti kegiatan ini pun semakin banyak, serta  serius dan penuh ketekunan dengan menggali pengetahuan," ungkap Ruslan. 

Ketua Foswar Yusrizal menyampaikan sambutan bahwa berdirinya foswar rohul tahun 2015 yang awalnya adalah menyangkut nasib rekan-rekan wartawan yang sering terabaikan karna saat itu rekan wartawan dilarang untuk meliput sidang dipengadilan negeri.

"Oleh karena itu maka kami membuat organisasi Foswar ini untuk melindungi rekan wartawan serta membuat beberapa program kegiatan pelatihan jurnalistik yang diundang anak sekolah, masyarakat dan tokoh pemuda yang anggaran sendiri dari dana Ghibah pemkab rohul", kata Yusrizal Tamrin. 

Ketua Foswar Yusrizal Tamrin menyampaikan sambutan bahwa Foswar rohul didirikan tahun 2015 tujuan didirikan ini untuk melindungi rekan-rekan wartawan yang sering diabaikan seperti menjalankan tugas untuk mencari berita dan rekan wartawan tidak diperbolehkan meliput sidang dipengadilan negeri.
 "Maka setelah kejadian itu kami mendirikan foswar, difoswar ini kami juga membuat beberapa program kegiatan yakni pelatihan jurnalistik yang diikuti anak sekolahan pada tahun 2017, masyarakat dan tokoh pemuda yang hari ini dilakukan", ungkap Yustamrin.

Kemudian ketua panitia acara, Sarif Alamsyah mengatakan  yang mengikuti pelatihan jurnalistik ini sebanyak 32 orang dari 16 kecamatan sekabupaten rokan hulu yang narasumber nya senior dalam bidang jurnalistik dokter miswan Pasai MH dan doktorandus Wahyudi Panggabean.

"Dalam hal ini Anak muda dituntut paham dengan jurnalistik Karena sekarang era keterbukaan informasi digital semua informasi sudah banyak beredar di media massa di media sosial dan tidak terpelihara dengan baik dan harapan kita ketika integrasi ini berlangsung kita bisa mendapatkan ilmu anak muda bisa belajar bagaimana memahami jurnalistik Bagaimana memahami informasi Bagaimana menyebarkan informasi", jelas Sarif

Diakhir acara ditutup dengan pemberian plakat cendramata dari ketua foswar kepada asisten II, pemberian buku berjudul strategi wartawan dan berfoto bersama.(Marlin)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال