Profesional Tugas Kewilyahan, Kodim 0505/JT Gelar Latnister

PATROLI HUKUM.COM,
Jakarta timur - Kodim 0505/JT Gelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2020 di Aula Makodim kepada para Bintara Pembina desa(Babinsa) dan jajarannya. Latnister ini digelar untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan kepada Babinsa, agar mampu dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan,
Perwira Staf Operasi  Kapten Inf Agus, menjelaskan bahwa kegiatan yang diprogramkan oleh Komando Atas ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 8 sampai dengan tanggal 12 Juni 2020, Rabu (10/06/2020).

Dandim 0505/Jakarta timur Kolonel Inf Muhammad Mahfud As'at S.I.P mengatakan tentang mekanisme latnister terdiri dari dua tahap yaitu pertama peserta latihan diberikan pembekalan materi diruangan Aula, tahap kedua kemantapan tugas Aparat komando kewilayahan, peserta latihan langsung melaksanakan praktek dilapangan.

” Tujuannya untuk memelihara, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan. Serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa, agar dapat melaksanakan tugas dilapangan dengan baik,” ucap.
Dandim selaku Komandan Latihan (Danlat) mengharapkan kegiatan Latnister ini dapat meningkatkan kemampuan Babinsa dalam berperan aktif di wilayah binaan Teritorialnya guna percepatan pembangunan dan pendampingan kegiatan diwilayah.

Menurutnya, Babinsa adalah ujung tombak Aparat komando kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram secara bertahap,  berjenjang dan berlanjut, Jika Babinsa diwilayah selalu eksis dan mampu memberikan energi positif dalam membantu program pemerintah tingkat Kelurahan maka akan terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat diwilayah binaan Teritorialnya,” tegas Dandim.

Pemberi Materi Latnister adalah Pasiter Kapten Inf Agi Suprapto, Danramil Cakung Kapten Inf Sayidan, Danramil Pulogadung Kapten Kav Elba Gloriano Priambodo, Danramil Kramatjati Kapten Inf Hadi Sasmungi, Wadanramil Jatinegara Kapten Arm M. Sianturi,  pembekalan materi yang diajarkan:
1. Kemampuan Temu cepat dan lapor cepat
2. Kemampuan manajemen Teritorial
3. Kemampuan penguasaan wilayah
4. Kemampuan Bin wanra
5. Kemampuan Komsos

Pelaksanaan Latnister yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kemampuan Satkowil serta dapat diaplikasikan di dalam pelaksanaan tugas, khususnya bagi para Babinsa sehinga dapat menjalankan tugas secara optimal,” terangnya.(Marlin)

@pendim jt.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال