Pembinaan Tata ruang RT/RW oleh Kodim 0505/JT

PATROLI HUKUM.COM,
Jakarta Timur - Perwira Seksi Teritorial Kodim 0505/JT Kapten Inf Agi Suprapto didampingi Kaur Bhakti Kapten Arm Matrawi bersama Kepala dinas Cipta Karya, bangunan Pertanahan  wilayah Jakarta Timur menggelar kegiatan pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pertahanan darat, bertempat di aula Makodim 0505/JT,  Jl. Dr. Sumarno Pulogebang, Jumat, (28 Agustus 2020).

"Pembinanan RT/RW Wilayah Pertahanan Darat di gelar guna keterpaduan dan keserasian pembangunan wilayah pertahanan yang di selaraskan dengan RT/RW Pemkot dapat menjamin terwujudnya wilayah pertahanan yang tangguh pedoman bagi Satuan Komando Kewilayahan dalam rangka pembinaan tata ruang wilayah Pertahanan Darat (Hanrat) diwilayah Kodim 0505/Jakarta Timur," ucap Pasiter.

Dalam kegiatan ini mengambil tema " Keterpaduan dan keserasian pembangunan wilayah Pertahananyang diselaraskan dengan RT/RW Pemda dapat menjamin terwujudnya wilayah Pertahanan yang tangguh.

"Kegiatan yang digelar selama sehari ini, diikuti dari Pemkot Walikota Jakarta timur, serta para Danramil, Babinsa yang terkait dengan pertahanan wilayah, Tuturnya.

Sistem pertahanan semesta yang telah ditetapkan oleh UUD 1945, UU RI Nomor 3  Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.TNI AD sebagai komponen utama  kekuatan pertahanan negara di darat, bersama kekuatan  komponen  yg lain.

"Satuan Komando kewilayahan harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga siap dimobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan pembangunan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Menurutnya Angkatan Darat  bertugas melaksanakan tugas TNI dalam pelaksanaan pembangunan wilayah Teritorial dan pengembangan kekuatan matra darat melalui pembinaan yang bertujuan untuk menyiapkan kekuatan dalam komponen masyarakat untuk mewujudkan kesiapan komponen cadangan diwilayah binaannya.

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk pertahanan darat pada tingkat Kodim memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan.

"Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Satkowil melaksanakan dengan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter), sehingga potensi geografi, demografi dan kondisi sosial tersebut dapat dijadikan sebagai alat, ruang dan kondisi juang yang tangguh agar dapat menjadi kekuatan komponen masyarakat di wilayah Kodim 0505/JT, tegas Pasiter. (Marlin)

@pendim jt.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال