Peringatan HUT Ke-75 TNI Sinergi untuk Negeri di Kodam I/BB Dilaksanakan Secara Virtual

PATROLI HUKUM.COM,
Medan - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2020 di Kodam I/Bukit Barisan dilaksanakan secara virtual. Upacara peringatan HUT ke-75 TNI kali ini mengusung tema Sinergi untuk Negeri.

Upacara peringatan HUT ke-75 TNI dilaksanakan di Balai Prajurit Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (5/10/2020).

Hadir di tempat acara, antara lain Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin,  Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsma TNI Esron SB Sinaga, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, dan para PJU TNI dari tiga matra se Garnizun Kota Medan.

Acara diawali dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih, penghormatan kepada Presiden RI, Ir Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, dan pelaksanaan hening cipta.

Rangkaian upacara peringatan HUT ke-75 TNI secara virtual yang tetap mengedepankan penerapan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, dipusatkan di Istana Negara Jakarta, dan disaksikan serta diikuti oleh seluruh Kotama TNI dari tiga matra di seluruh penjuru Tanah Air.

Selesai pembacaan Sapta Marga, acara dilanjutkan dengan penganugerahan bintang tanda jasa kepada masing-masing Prajurit TNI dari AD, AL, dan AU.

Dalam amanatnya, Presiden RI, Ir Joko Widodo lebih dulu mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-75 kepada TNI. Presiden menjelaskan, peringatan HUT ini tidak saja dilakukan oleh Prajurit TNI dan Keluarga Besar TNI, tetapi juga oleh seluruh Rakyat Indonesia.

Ditegaskan Presiden, sesuai tema HUT ke-75 TNI kali ini, yaitu "Sinergi untuk Negeri", maka sangat diharapkan kepada seluruh Prajurit TNI di manapun berada untuk menjadikan sinergi sebagai kekuatan membangun pertahanan negara yang semakin kokoh dan kuat.

"Sinergi antara korps TNI, sinergi antara TNI-Polri, sinergi antara TNI-Pemerintahan, dan sinergi antara TNI dengan Rakyat, harus dimantapkan, sehingga tercipta kekuatan pertahanan bangsa dan negara yang bersifat semesta," pungkas Joko Widodo.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 TNI di Istana Negara Jakarta ini turut dihadiri Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kapolri Jenderal Pol, Idham Aziz, Ketua MPR dan DPR RI, serta para Menteri dan pejabat utama lainnya di pemerintahan.

Sementara itu, Pangdam I/BB dari Balai Prajurit Kodam I/BB menegaskan, Sinergi untuk Negeri yang menjadi tema HUT ke-75 TNI tahun 2020 ini hendaknya dijadikan momentum oleh semua komponen bangsa di wilayah Sumatera Utara dalam memerangi wabah Virus Corona.

“Alhamdullilah, berkat sinergi di antara sesama perangkat dalam Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Sumatera Utara, sampai kemarin angka pasien positif telah berhasil diturunkan hingga mencapai 19,1%. Kita harapkan dengan memaknai tema HUT TNI kali ini, maka angka pasien positif Covid 19 di wilayah ini akan semakin menurun,” pungkas Pangdam I/BB.

Sedangkan Gubernur Sumut berharap dengan tema HUT ke-75 TNI tahun ini, sinergitas di antara TNI-Polri, TNI-Pemda dan TNI-Rakyat agar semakin diperkokoh guna membangun negeri yang lebih jaya di masa depan.(Marlin)

Sumber: Pendam I/BB

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال