PT Toba Pulp Lestari Dukung Tingkatkan Mutu Pendidikan di Toba Melalui Seleksi 48 Guru Calon Fasilitator Daerah

Patroli Hukum.Com,

PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) kembali berkontribusi bagi dunia pendidikan di Kabupaten Toba. Dalam rangka mewujudkan siswa berprestasi di lingkungan sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Menengah (SMP) se Kabupaten Toba, pihak PT. TPL bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba menjalin suatu kerjasama yang disebut dengan “Program Pintar”.

Ramida Siringoringo selaku Manager Community Development (CD) didampingi Hema Butarbutar dan Thasya Sirait selaku staff CD TPL di Lokasi seleksi di SMPN 2 Balige Soposurung, Rabu (03/03/2021) menyebut bahwa Program Pintar ini merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh PT TPL, bersama Dinas Pendidikan dan sudah berhasil di daerah lain.

“Kita melihat bahwa selama ini, dalam proses belajar mengajar para siswa itu hanya menjadi obyek belajar yang sifatnya hanya satu arah. Guru hanya mengajar dan menerangkan, sedang siswa hanya mendengarkan,” terang Ramida.

“Maka dengan Program Pintar ini kita ingin menjadikan para siswa menjadi Subyek pendidikan. Metodenya-pun akan berubah, guru tidak hanya mengajar di depan kelas secara satu arah, namun guru itu kita jadikan menjadi Fasilitator,” lanjutnya.

“Para guru harus bisa memfasilitasi proses belajar mengajar sehingga ke depannya para siswa menjadi lebih pro aktif, tidak hanya melihat, mendengar dan membaca. Tetapi mereka akan terlibat langsung sehingga lebih mudah memahami, pelajaran,” tambahnya.

“Karenanya, kualitas fasilitator perlu diseleksi sebab memegang peranan penting. Kedepannya, setelah kita memilih para fasilitator daerah, maka mereka juga akan menjadi Trainer Senior bagi guru guru di sekolah untuk tugas sebagai pengajar dan monitoring,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Toba, Parlinggoman Panjaitan melalui Candra Tambunan, Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidikan mengakui bahwa saat ini PT. TPL sedang menggandeng Dinas Pendidikan untuk mencari guru berbakat yang akan dijadikan tenaga Fasilitator Daerah (FASDA) pada Program Pintar.

“Saat ini kita sudah siapkan sebanyak 48 orang calon FASDA untuk tingkat SD dan SMP yang berasal dari Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas yang akan diseleksi menjadi 24 orang. Mereka nantinya juga akan dijadikan sebagai Trainer bagi guru guru biasa yang lainnya,” jelas Candra.

“Program ini sangat bagus khususnya di tengah wabah Covid-19 ini. Besar harapan kami progam ini terus dilaksanakan setiap tahun. Dan kita akui bahwa TPL sudah sangat banyak membantu peningkatan mutu pendidikan di Toba. Terimakasih TPL, tetap jaya,” harapnya seraya memuji TPL.

Di lokasi yang sama, S Manurung, salah seorang guru SD yang ikut seleksi Calon FASDA memberi apresiasi atas program pintar TPL itu. 

“Kami sudah mendengar program ini dilaksanakan di daerah lain, dan hasilnya sangat bagus,” antusiasnya sambil mengharap dirinya dapat terpilih. (Rahmat/red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال