BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Gowes Riligius Korem 072/Pamungkas di Makam Raja Panembahan Senopati

Patrolihukum.com, Yogyakarta. Guna mengenang sejarah Raja Mataram Islam Panembahan Senopati Ing Alogo, Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas...


Patrolihukum.com,

Yogyakarta. Guna mengenang sejarah Raja Mataram Islam Panembahan Senopati Ing Alogo, Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto melaksanakan olahraga bersepeda santai (Gowes) malam hari di Makam Raja Panembahan Senopati Kotagede, Banguntapan, Bantul. Kamis, (17/2/2022). 


Adapun route Gowes Religius Korem 072/Pamungkas kali ini dengan jarak tempuh 10 Km dengan start dari Gedung Pamungkas dan finish di Kompleks Masjid Besar Mataram Kotagede. 


Tiba di lokasi Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto dan rombongan disambut oleh Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan dan Raden Tumenggung Pujodipuro (Pengageng juru kunci makam para Raja Mataram Islam Kotagede).

Danrem menyampaikan bahwa kegiatan Gowes dilaksanakan malam hari bertepatan dengan malam Jumat Kliwon untuk mendoakan Raja Mataram Islam Panembahan Senopati Ing Alogo Mataram Kotagede. Selain itu juga untuk mengenang sejarah Raja Mataram Islam.


Setelah istirahat sejanak Danrem dan rombongan berganti busana Pranaan menuju bangsal Kidul Untun untuk melaksanakan doa bersama yang di pimpin oleh Kabintal Korem 072/Pamungkas Kapten Cba Saryanto. 


Sementara itu, Raden Tumenggung Pujodipuro menyampaikan sejarah singkat Kerajaan Mataram Islam yang awalnya merupakan tanah perdikan Alas Mentauk yang mana merupakan cikal bakal Raja Pertama Mataram Islam. 

Selain itu, Raden Tumenggung Pujodipuro menjelaskan bahwa makam Raja yang berada di pasarean Panembahan Senopati Kotagede di antaranya Ki Ageng Pemanahan, Kanjeng Panembahan Senopati, Ki Ageng Mangir Wanabaya dan keluarga besar Mataram Islam.


Dalam kegiatan Gowes di ikuti oleh Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo, para Kasi Korem 072/Pamungkas, para Dan/Ka Satdisjan Korem 072/Pamungkas dan para Perwira Makorem 072/Pamungkas. 

(Penrem 072/Pmk)

COMMENTS