BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Pangdam XVI/Pattimura Kerahkan 68 Tim Mobile Percepatan Vaksinasi

Patrolihukum.com, Kodam XVI/ Pattimura laksanakan  program percepatan vaksinasi di seluruh Maluku dan Maluku Utara, Kamis (24/02/2022). Vaks...

Patrolihukum.com,

Kodam XVI/ Pattimura laksanakan  program percepatan vaksinasi di seluruh Maluku dan Maluku Utara, Kamis (24/02/2022). Vaksinasi ini dilakukan secara serentak di seluruh faskes (fasilitas kesehatan) TNI dan juga tim vaksinator mobile di seluruh Kodim jajaran Kodam XVI/ Pattimura.


Satu Tim vaksinator mobile ini terdiri dari 5-7 orang dengan rincian 1 orang dokter, 1-3 orang perawat, 2 pembantu pencatatan melalui aplikasi PCare dan 1 orang staf Kodim. 


Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan bahwa program percepatan vaksinasi Kodam XVI/ Pattimura ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut perintah Presiden dan Panglima TNI dalam upaya mewujudkan  herd immunity  sekaligus meningkatkan kontribusi pencapaian target vaksinasi nasional. Tim vaksinasi mobile merupakan  salah satu upaya untuk mengejar dan meningkatkan prosentase jumlah masyarakat yang divaksin. "Dengan pencapaian vaksinasi kisaran 70% Maluku dan Maluku Utara, ini masih dibawah target 100%. Maka kita perlu meningkatkan jumlah masyarakat yang  divaksin. Sasaran dan sektor tempat yang akan dilaksanakan vaksinasi seperti fasilitas umum dan tempat- tempat orang berkumpul. Di situ masyarakat kita kumpulkan dan tim akan datang memberikan vaksinasi. Ale Vaksin, Beta Vaksin, Katong Samua Sehat," terang Pangdam. 


Lebih lanjut, Pangdam XVI/Pattimura mengatakan pemenuhan target vaksinasi dilaksanakan secara serentak dan daerah yang masih kecil pencapaiannya harus diupayakan lebih maksimal. Program vaksinator mobile ini dimulai tanggal 24 Februari hingga 28 Februari 2022 dengan menggunakan dana dari Mabes TNI. 


Adapun 68 Tim Vaksinator mobile yang dikerahkan mulai hari ini, di wilayah Maluku yakni dari Kodim 1502/ Masohi sebanyak 10 tim, Kodim 1503/ Tual sebanyak 4 tim, Kodim 1504/ Ambon sebanyak 7 tim, Kodim 1506/ Namlea sebanyak 4 tim, Kodim 1507/ Saumlaki sebanyak 4 tim, dan Kodim 1511/ Pulau Moa sebanyak 4 tim. Total seluruh target di wilayah Maluku lebih dari  3.000 orang.


Sedangkan di wilayah Maluku Utara, Kodim 1501/ Ternate sebanyak 6 tim, Kodim 1505/ Tidore sebanyak 6 tim, Kodim 1508/ Tobelo sebabyak 8 tim, Kodim Labuha sebanyak 4 tim, Kodim 1510/ Sula sebanyak 6 tim, dan Kodim 1512/ Weda sebanyak 5 tim, dengan target mencapai lebih dari 2.000 orang. 


Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo menambahkan bahwa Posko sudah digelar untuk update data setiap  saat dan untuk memastikan target dapat tercapai. "Pencatatan hasil vaksinasi dapat dilakukan secara manual dan menggunakan aplikasi PCare TNI/ Pemda. Vaksinasi ini sifatnya sukarela dan tidak ada paksaan, namun demikian akan kita upayakan maksimal," ujar Kapendam. 

(Pendam XVI/Pattimura)

COMMENTS