Bupati Toba Secara Resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Toba Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Tahun 2022

Patrolihukum.com,

TONA - Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus bersama Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak didampingi Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Drs. Augus Sitorus membuka secara resmi acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah  (RKPD) Kabupaten Toba Tahun 2023 di Kecamatan Tahun 2022 se-Kabupaten Toba secara virtual dari Ruang Balai Data Kantor Bupati Toba, Rabu (2/3/2022).


Bupati Toba dalam sambutannya menyampaikan, sesuai Permendagri Nomor 86 tahun 2017 bahwa penyelenggaraan musrenbang RKPD di kecamatan yang dilaksanakan oleh camat bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.


Selanjutnya  membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten.

Sesuai dengan Visi Kabupaten Toba yakni “Terwujudnya Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar dengan mengusung tujuh misi, yaitu Infrastruktur yang bagus dan merata, membangun SDM yang unggul dan andal, membangun pertanian dan peternakan makmur dan sejahtera, Kesehatian yang prima dan terjangkau, pariwisata berkat dan meriah, membangun iman yang terpelihara, dan menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban akan ditindak lanjuti melalui program kegiatan/sub kegiatan perangkat daerah terkait.


Oleh karena itu, lanjutnya lagi, berdasarkan visi dan misi yang mengacu pada arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Toba tahun 2021-2026, serta memperhatikan rencana kerja pemerintah tahun 2023 maka tema pembangunan Kabupaten Toba pada tahun 2023 adalah "Percepatan peningkatan kualitas infrastruktur untuk mendukung kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing."


Dengan 4 prioritas pembangunan yaitu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dan penguatan perlindungan sosial, pembangunan infrastruktur daerah, mewujudkan SDM yang berkualitas dan berbudaya, dan optimalisasi tata kelola pelayanan publik 


Bupati Poltak Sitorus juga  meminta supaya semua perencanaan atau anggaran digunakan untuk menaikkan program unggulan terutama 4 program unggulan Kabupaten Toba yakni padi, jagung, kopi, dan tenun.


Ia pun bermohon kepada segenap aparat desa dan kecamatan agar benar-benar memberikan perhatian dan bergandengan tangan karena pemerintah kabupaten tidak akan dapat berjalan sendiri dalam membangun dan mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.


"Gerakkan semua aparat desa untuk turut aktif berpartisipasi dalam pelayanan dan pembangunan masyarakat, sekali lagi tanpa kerjasama yang baik kita tidak akan dapat capai, namun apabila kita bergandengan tangan pemerintah dengan masyarakat kita pasti bisa,"sebut Bupati Poltak Sitorus.


Sementara itu, Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak menambahkan bahwa yang kita  harapkan bersama adalah bagaimana musrenbang ini tepat sasaran.


"Ketika kita bicara musrenbang desa dan kecamatan, mungkin banyak usulan desa dan kecamatan yang tidak dapat kita akomodasi, oleh karena itu berikan penjelasan dan pengertian dengan membuat skala prioritas,"sebut Wabup Tonny menambahkan.

Dilanjutkannya lagi, harapan dari pemkab agar laksanakan musrenbang dengan baik dan tentukan skala prioritas untuk dibawa ke kabupaten.


"Kita harus sama- sama bergandengan tangan. Kami berharap masukkan dari kepala desa melalui camat untuk kita bisa kerjakan terutama masalah stunting dan pembangunan desa,"sebut Wabup Tonny.


Perlu diketahui bersama bahwa ada empat kecamatan yang akan melaksanakan musrenbang dalam waktu dekat yaitu Kecamatan Sigumpar, Kecamatan Ajibata, Kecamatan Parmaksian, dan Kecamatan Balige.(PH.Toba)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال