BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

ALB : Kejari Langkat Diminta Periksa Oknum Kades Rumah Galuh Diduga Pungli BLT

Langkat|Patrolihukum.Com Koordinator Aliansi Langkat Bersatu (ALB) BGGinting minta Kejari Langkat untuk memeriksa oknum Kades Rumah Galuh Ke...

Langkat|Patrolihukum.Com

Koordinator Aliansi Langkat Bersatu (ALB) BGGinting minta Kejari Langkat untuk memeriksa oknum Kades Rumah Galuh Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.


Menurut Koordinator ALB BGGinting, oknum Kades Rumah Galuh berinisial JG ini telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai Aparatur Desa diduga melakukan pungli dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dibagikan pada tanggal 9 Mei 2022 pukul 14.00 WIB dari pemerintah. 


"Seharusnya seorang Kades selaku pamong desa sekaligus aparatur desa yang seharusnya mengayomi dan berupaya untuk mensejahterakan warganya, kok malah melukai hati warganya dengan cara diduga melakukan pungli BLT warga yang memang berhak menerima secara utuh. Hak orang susah kok dipungli," ujar Koordinator dan Admin ALB BGGinting, Minggu (05/6/2022).


Oknum JG ini nekat diduga melakukan pungli BLT dengan cara memotong dana bantuan yang seharusnya diterima warga Rp900 ribu per warga penerima BLT. Namun oknum JG hanya menyerahkan dana BLT kepada warga penerima hanya senilai Rp200 ribu.


"Dimana moralitas oknum JG ini sehingga sanggup 'memakan' hak warga miskin. Jadi kita berharap Kejari Langkat segera menindaklanjuti informasi ini sehingga para Kades/Calon Kades di Kabupaten Langkat ini tidak main-main lagi dalam menggunakan anggaran serta tidak melakukan pungli terhadap warga miskin," tandasnya.


Sebagaimana informasi yang disampaikan ALB, jumlah warga penerima BLT yang dicairkan tanggal 09 Mei 2022 untuk warga Desa Rumah Galuh sementara yang dilaporkan dan diterima ALB sebanyak 41 warga penerima dan masih banyak lagi warga penerima lainnya.


Sementara itu, Kades Rumah Galuh JG saat dikonfirmasi terkait dugaan pungli dana BLT sebesar Rp700 ribu terhadap warga yang berhak menerimanya sejak siang, baik lewat telphone WhatsApp, Minggu (05/6/2022) kendati berdering tapi tidak kunjung diangkat. Begitu juga saat dikonfirmasi melalui Chat WhatsApp hingga berita ini dikirimkam ke Redaksi juga tidak kunjung memjawab meski sudah terlihat centang biru.(Abdi/red)

COMMENTS