Harganas XXIX Tahun 2022 di Kabupaten Toba , BKKBN RI Bersama Pemkab Toba Fokus Atasi Stunting


Patrolihukum.com,

Dalam rangka menyambut peringatan ke-29 Tahun, Hari Keluarga Nasional (Harganas),  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan hal ini merupakan momentum untuk menurunkan angka kekerdilan pada anak (stunting) secara nasional.


Hal ini disampaikan pada saat roadshow Kepala BKKBN RI dalam rangka peringatan ke-29 Tahun Harganas pada Tahun 2022 yang diwakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatra Utara, M.Irzal, SE, ME di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Senin 20 Juni 2022.


Irzal juga menginformasikan, puncak  peringatan Harganas kali ini yang mengusung tema "ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting" akan dilaksanakan di Medan, Provinsi Sumatra Utara, secara daring dan luring.


Adapun rangkaian peringatan Harganas di Kabupaten Toba tahun 2022 ini,dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya : pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) di Puskesmas Soposurung, pelaksanaan kegiatan advokasi dan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tentang promosi dan KIE pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan, kegiatan internalisasi pengasuhan balita dalam rangka percepatan penurunan stunting, dan sosialisasi 7 dimensi lansia tangguh.


Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak yang juga ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Toba dalam laporannya  mengatakan untuk Kabupaten Toba melalui pendataan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk yang mana tahun 2022 Kabupaten Toba ditetapkan menjadi lokus stunting dengan prevalensi stunting 24,8% sesuai data studi status gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021.Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Toba  telah menerapkan target prevelensi pada tahun 2024 sebesar 9,8% (5% per tahun).


Disebutkan bahwa dalam rangka percepatan penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Toba telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2022 Tentang Konvergensi Pencegahan Stunting Terintegrasi dan telah membentuk tim percepatan penurunan stunting (TPPS) tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan.


"Kita harus membangun kebersamaan dan kemitraan yang lebih baik dan sinergi yang baik, sehingga program ini dapat memberikan harapan dan kontribusi yang nyata dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkualitas demi mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar,"sebut Wabup Tonny mengakhiri.


Turut hadir mengikuti kegiatan, Kadis DPPKKB,Plt.Kadis Perkim, Plt.Kadiskominfo, para Camat, Kepala desa, Tim penggerak PKK, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, LSM ,dan  Insan pers.(MC Toba pkp)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال