BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Siapkan upacara adat Bakar Batu, Satgasres Binmas Noken Operasi Damai Cartenz-2022 bantu 5 ekor babi.

Patrolihukum.com, Intan Jaya | Tradisi Bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di tanah Papua berupa Ritual memasak bersama-sama war...


Patrolihukum.com,

Intan Jaya | Tradisi Bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di tanah Papua berupa Ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang memiliki tujuan bersyukur, bersilaturahmi atau bahkan mengumpulkan pasukan untuk berperang dan tradisi ini merupakan kegiatan turun temurun dari berbagai suku di Papua. Sama halnya seperti yang diperbuat oleh Kepala Suku Bajemba di Kampung Yokatapa Distrik Sugapa sebagai tanda syukur atas perlindungan dan keselamatan yang sudah diberikan, sehingga situasi dan kondisi sampai saat dalam keadaan aman tertib dan terkendali, semua atas kerjasama yang sudah dibangun sejak dari awal.Kamis (09/06/2022)


Bukan hanya kerjasama saja, namun terciptanya Kamtibmas kembali mewujudkan rasa  syukurnya dengan menggelar tradisi Adat berupa Bakar Batu yang dilaksanakan di Bajemba di Kampung Yokatapa Distrik Sugapa. Dalam acara tradisi bakar batu nanti akan dihadiri oleh Wakasatgas Binmas Noken AKBP M. Yamin Dian Priono, S.I.K Wakasatgas Preventif AKBP Ignatius Beny Adi Prabowo, S.I.K, Danyon Preventif AKBP Cristian Kadang, SE, S.I.K , Kabag Ops Res Intan Jaya AKP Stevanus Polnaya, Korwil Binmas Noken Intan Jaya Ipda Arisandi Tancoma, S.H beserta Kapolsek Sugapa Ipda Engel Mayor dan Ipda Helmina Kuruj


Adapun hal yang disampaikan oleh Wakasatgas Binmas Noken AKBP M. Yamin Dian Priono, S.I.K selaku penanggung jawab dilapangan, mengatakan bahwa ; "acara tradisi bakar batu ini merupakan tradisi adat yang harus terus dijaga dan dilestarikan, saya juga mengucapkan selamat atas keberhasilan pimpinan daerah yang dianggap telah berhasil menjaga keamanan dan ketertiban wilayahnya, semoga kita semua mampu mengambil  pelajaran yang positif yang didapatkan selama upacara tradisi bakar batu.


Hal serupa turut juga disampaikan bahwa KaOps Damai Cartenz-2022 KBP Muh. Firman Norsyah yang tidak bisa hadir dalam acara ini melalui  Kasatgas Binmas Noken Operasi Damai Carten menyampaikan selamat kepada epala suku, tetap jalin silaturahmi, pergunakan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya. Dan juga Terima kasih kepada semua pihak yang telah bantu kami dalam rangka persiapan acara bakar batu ini semoga rasa kebersamaan tetap jalin dengan sebaik-baiknya. (MarlinN70)

COMMENTS