BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Universitas Mpu Tantular Berikan Beasiswa Bagi Lulusan SLTA Berprestasi, Menjadi Mahasiswa Baru T.A 2022/2023

JAKARTA,  Universitas Mpu Tantular (UMT) Jakarta memberikan peluang Beasiswa kepada para Lulusan SLTA, yang memiliki prestasi semasa sekolah...


JAKARTA, 

Universitas Mpu Tantular (UMT) Jakarta memberikan peluang Beasiswa kepada para Lulusan SLTA, yang memiliki prestasi semasa sekolah sepanjang 3 (tiga) tahun terakhir, menjadi mahasiswa melalui program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik (T.A) 2022/2023. 


Program ini merupakan bentuk apresiasi Yayasan Budi Murni Jakarta (YBMJ) yang menaungi Universitas Mpu Tantular, bagi para alumni siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang pernah meraih prestasi ekstra kurikuler semasa sekolah di bangku SLTA. Komitmen ini tertuang dalam Surat Keputusan Yayasan Budi Murni Jakarta (YBMJ) Nomor: 004/SK/KP-YBMJ/VI/2022.


Perihal beasiswa Jalur Prestasi ini disampaikan Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru, Universitas Mpu Tantular (PMB UMT), Danny PH Siagian, SE., MM kepada media, baru-baru ini di Kampus Bhinneka Tunggal Ika itu. 


“Ya, berdasarkan kebijakan Yayasan yang ditandatangani Ketua, Budi P. Sinambela, BBA, dalam Surat Keputusan Yayasan Budi Murni Jakarta (YBMJ) Nomor: 004/SK/KP-YBMJ/VI/2022, beasiswa jalur prestasi ini dibuka kesempatannya bagi para alumni SLTA yang ingin kuliah di Universitas Mpu Tantular untuk Tahun Akademik 2022/2023,” kata Danny kepada awak media, Kamis (28/07/2022) di kampusnya di Jakarta Timur.


Danny Siagian mengatakan, prestasi yang diraih para alumni SLTA tersebut antara lain dalam bidang Ilmiah, Seni, Budaya, Olah Raga, Modeling, Jurnalistik, Nyanyi, Blog, Keterampilan dan lain-lain, sesuai tingkat wilayah masing-masing event.

 

“Prestasi yang diraih itu antara lain dalam bidang Ilmiah, Seni, Budaya, Olah Raga, Modeling, Jurnalistik, Nyanyi, Blog, Keterampilan dan lain-lain, sesuai dengan ajang event berbagai tingkat wilayah. Mulai dari Juara di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/ Kota hingga Provinsi maupun Nasional dan Internasional. Baik Juara I hingga ke para Finalis, dari event Lomba atau Festival dan sejenisnya. Yang penting ada bukti prestasi yang diraih di ajang Lomba atau Festival tersebut,” tandasnya.


Sedangkan bentuk beasiswa menurut Danny adalah berupa subsidi komponen Uang Kuliah sebesar 50% selama pendidikan 8 semester untuk Strata-1, tanpa cuti kuliah.


“Kebijakan beasiswa yang diberikan Yayasan, berupa subsidi sebesar 50 persen dari komponen Uang Kuliah dari Total Pembiayaan Kuliah per semester, selama 8 semester, tanpa pernah cuti kuliah. Ini untuk Program Studi Strata-1 atau S-1 Reguler Pagi maupun Sore, dan saat ini pilihannya adalah untuk 8 Program Studi,” tambahnya.  


Ke-8 Program Studi (Prodi) S-1 tersebut dimaksud adalah: Manajemen dan Akuntansi (Fakultas Ekonomi); Ilmu Hukum (Fakultas Hukum); Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Komunikasi) maupun Teknik Sipil; Teknik Arsitektur; Teknik Informatika; dan Teknik Industri (Fakultas Teknik). Sedangkan keseluruhannya ada 13 Program Studi (termasuk S-2) yang berada dibawah naungan 4 (empat) Fakultas.


Lebih jauh Danny Siagian yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Humas ini mengatakan, dasar diberikannya beasiswa prestasi ini karena para siswa tersebut memiliki keunggulan yang perlu diapresiasi.


“Jadi, kami melihat selama ini, para siswa yang berprestasi selama di bangku sekolah, hampir tidak ada koneksinya dengan keunggulan yang dimiliki itu, ketika mendaftar ke Perguruan Tinggi. Padahal, tidak sedikit mereka yang telah mencatat prestasi, dalam berbagai ajang Lomba maupun Kejuaraan, baik membawa nama daerah, seperti antar Kabupaten/ Kota hingga Nasional maupun Internasional.Kadang kita terharu melihat mereka membawa nama harum wilayah atau Negaranya, dengan kibaran bendera Provinsi atau Negara. Bahkan tak sedikit pula diantara mereka harus bersaing menaklukkan puluhan bahkan ratusan orang untuk mendapatkan posisi Juara. Nah, dimana letak spesialnya mereka ketika masuk Perguruan Tinggi? Kan tidak ada,” bebernya. 


Sebab itu, lanjut Danny, Yayasan Budi Murni Jakarta membuka peluang tersebut, untuk dapat bergabung di Universitas Mpu Tantular, untuk terus membuat prestasi ketika kuliah. 


“Tentu dengan harapan, selanjutnya mereka dapat terus mengembangkan bakat dan peminatannya tersebut setelah di bangku kuliah. Dapat meningkatkan prestasi dalam berbagai kreatifitas dan keterampilan, baik secara akademik, maupun ekstra kurikuler di kemahasiswaan,” imbuhnya.


Selain itu, Danny mengatakan, bahwa dengan beasiswa uang kuliah selama 8 (delapan) semester ini, sangat membantu para orangtuanya.


“Yang jelas, dengan adanya beasiswa ini, tentu akan sangat membantu para orangtua mahasiswa jalur prestasi ini. Apalagi, sistem pembayaran dapat dilakukan setiap bulan. Tentu, jumlah bayaran kuliahnya lebih murah dibanding standar,” tambahnya.    


Danny berpesan, bagi para calon mahasiswa yang berminat, dapat mengisi Google Form Verifikasi, sebelum mendaftar ke PMB, melalui link https://bit.ly/3Qt1WPV-UMT2022-JalurPrestasi. Sedangkan batas pengisian Form Google Verifikasi, selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2022.


Sementara itu, Universitas Mpu Tantular, Terakreditasi B, dibawah kepemimpinan Rektor, Prof. Dr. Sukrisno Agoes, SE, Ak., MM., CPA., CA ini, juga memberikan beasiswa lainnya yaitu, Beasiswa Alumni SLTA Budi Murni (juga dibawah naungan YBMJ); Beasiswa dari Tobasa; Beasiswa Jemaat HKBP; dan Beasiswa Jemaat Gereja-gereja dibawah naungan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), yang keseluruhannya dengan kuota terbatas.


Beasiswa ini merupakan kebijakan sebelumnya dari sang Pendiri Yayasan dan Universitas yaitu Prof. DR. KPT Tarnama Sinambela Kusumonagoro, seorang Tokoh Pengusaha Nasional dan Tokoh Pendidikan, yang sangat peduli dengan pendidikan anak-anak bangsa. Sebab jauh sebelumnya, beliau sudah mendirikan SMA, SMEA/ SMK di beberapa tempat seperti di Duren Sawit, Cipinang maupun Cipayung, Jakarta Timur.


Sedangkan untuk informasi Verifikasi Beasiswa maupun Pendaftaran Mahasiswa Baru, dapat menghubungi Nomor WA: +62 813-8083-9596 atau +62 859-3355-5027. RED

(MarlinN70)

COMMENTS