BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Spam Ikk Kecamatan Onan Runggu, Pihak Pengelola Adalah Sekretaris Kecamatan (SEKCAM) Beserta Timnya, Air Keseringan Tidak Jalan.

Patroli Hukum Samosir (25/09/2022) Pekerjaan : pengembangan sistem penyediaan air minum , kecamatan Onan Runggu Dana alokasi khusus (DAK) , ...


Patroli Hukum Samosir (25/09/2022)


Pekerjaan : pengembangan sistem penyediaan air minum , kecamatan Onan Runggu Dana alokasi khusus (DAK) , tgl 28 Juni 2018, dengan nilai anggaran kira kira 3,1m , yg terletak di Desa Onan Runggu , kecamatan Onan Runggu, sumber dana dari Dinas Perumahan Rakyat , Kawasan Permukiman dan Pertanahan ,(PERAKKP)  Kabupaten Samosir.


Tahun 2018=150 kk , sambungn rumah

Dari DD= 35 kk , sambungan rumah

Tahun 2020=165 kk , sambungan rumah


Sumber informasi yang didapat oleh media Patroli hukum adalah , dari pihak kecamatan dan pihak PERAKPP atau dinas PUTR yang sekarang ini.


Namun sambungan dari dana desa 35 kk = 50 jutaan , dan tahun 2020 itu 165 kk = 2,2 m anggaran yang sama dari dinas PERAKPP, juga disambung dari pipa yang sudah ada pada tahun 2018 , senilai 3,1 m.


Dana alokasi khusus, alokasi dari anggaran pendapatan dan belanja negara kepada ,provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan pemerintahan daerah, dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK termasuk di dalam dana perimbangan , disamping dana alokasi umum.


Namun SPAM IKK kecamatan Onan Runggu sampai saat ini tidak optimal dan banyak tidak tepat sasaran dan tidak tepat guna , (alias,,sering tidak jalan atau mati ) oleh karenanya masyarakyat sampai saat ini tidak merasakan atau menikmati hasil pembangunan tersebut. Inilah informasi yang kita dapat dari masyarakyat pengguna SPAM IKK kecamatan Onan Runggu.

Penyambungan perpipaan dari Desa Onan Runggu ke Desa Pakpahan,dan ke Desa Sitinjak, dan pada saat pembangunan sambungan ke Desa Pakpahan, dan Desa Sitinjak, Kepala Desa nya juga mengatakan bahwa, dengan adanya penyambungan perpipaan SPAM tersebut , tidak pernah di sosialisasikan di Desanya atau pun di tingkat Kecamatan, "sebut kades Nya".


SPAM Ikk Kecamatan Onan Runggu ini sudah sering di konfirmasi ke dinas terkait dan ke pihak pengelola, yang selalu macet dan tidak tepat guna dan banyak tidak tepat sasaran alias sering meninggal, Alasan dari pihak pengelola sering kebocoran pipa, apalagi setelah ada pengembangan perpipaan yang tahun 2020.


Dan ketika awak media minta informasi dari pihak yang bersangkutan, yaitu ; pihak pengelola Partogi situmorang  dan dianya juga  sebagai SEKCAM ( sekretaris kecamatan  di kantor Camat

Onan Runggu ). hasil informasi dari pihak terkait itu , tidak ada keterbukaan , yang jelas pihak pengelola bilang, seolah olah tidak ada kekurangan dan selalu aman aman saja keberadaan SPAM tersebut. 


Tapi kita awak media sudah sering menginformasikan kepada yang bersangkutan , bahwa kejadian atau realita dari masyarakyat pengguna jauh di bawah harapan  tentang keaktifan jalan nya air atau sering macet.


"MAU SAMPAI KAPAN MASALAH SPAM IKK INI TETAP JADI ASUMSI PUBLIK TERUTAMA MASYARAKYAT DI TIGA DESA INI"?


Masyarakyat berharap kepada Bapak Bupati Kabupaten Samosir , Vandiko Timoteus Gultom, dan Wakil Bupati, Martua Sitanggang, agar SPAM Ikk Kecamatan Onan Runggu di perhatikan, dan di tinjau kembali supaya peruntukan anggaran yang sudah habis bisa kami rasakan manfaat nya dengan baik, "pungkas ,dari beberapa warga pengguna SPAM Ikk tersebut.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Rd)

COMMENTS