BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Meningkatkan Minat Baca, Bupati Taput Resmi Buka Pelatihan Baca Sangat Cepat Pemuda Gereja Se - Tapanuli Utara

Patrolihukum.com, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si membuka secara resmi pelatihan Baca Sangat Cepat Alfateta (BSCA) yang dis...


Patrolihukum.com,

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si membuka secara resmi pelatihan Baca Sangat Cepat Alfateta (BSCA) yang diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (Bamagnas) Taput, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (24 Oktober 2022). Turut mendampingi Bupati, Ketua Bamagnas Taput : Pdt. Donald Sinaga. 


Indonesia termasuk negara yang menduduki peringkat rendah untuk minat membaca, maka dari itu Bupati Nikson Nababan sangat mendukung terlaksananya acara pelatihan BSCA agar dapat meningkatkan minat baca pemuda Tapanuli Utara. Minat baca sangat mempengaruhi mindset karena mindset-lah yang membawa seseorang menuju kesuksesan. 


"Suatu kehormatan bagi saya bisa hadir dalam acara ini karena pesertanya adalah para anak muda. Para pemimpin masa depan bangsa secara khusus di tanah Batak yang kita cintai ini."Ujar Bupati mengawali. 


Dalam kesempatan itu Bupati juga menjelaskan secara singkat tentang Nationalisme dan Pancasila yang selalu digaungkan oleh Bung Karno.


"Dalam konteks Nasionalisme, Indonesia bukan hanya Tapanuli Utara dan bukan hanya suku Batak, Tuhan menciptakan Indonesia dengan beragam suku bangsa. 

Negara kita adalah Pancasila, adek-adek semua harus paham apa arti Pancasila dan Nasionalisme agar kita bisa hidup damai dan  bersinergi ditengah-tengah perbedaan suku bangsa dan agama" tambah Bupati. 


"Saya sangat teringat dengan kata bijak dari Bung Karno "Pemuda yang kumpul-kumpul sambil diskusi tentang bangsa dan negara, itu jauh lebih baik dibanding pemuda kutu buku yang hanya memikirkan diri sendiri, oleh karena itu saya mulai ini dengan pemahaman Nasionalisme. Ketika adek-adek saya sudah pintar karena membaca buku tetapi kalau tidak ada Nasionalisme adalah sia-sia, kalian malah tercipta menjadi oligarki, orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan kelompok, mengabaikan orang lain mengabaikan negara . 

Harapan saya jadilah generasi muda Indonesia yang sungguh-sunguh ingin memajukan bangsanya, yang menjunjung Nasionalisme menghargai segala perbedaan karena Indonesia negara yang memiliki kekayaan dan keragaman budaya dan agama." ujar Bupati mengakhiri. 


Dalam kesempatan sebelumnya Ketua Panitia Drs. Hendra Manto Surbakti dalam laporannya menyampaikan bahwa

Kegiatan tersebut adalah salah satu program Bamagnas Taput tahun 2022. 


Adapun  tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca pemuda gereja dalam rangka mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan jaman yang semakin kompleks 


Kegiatan yang mengangkat Tema  "Semakin cepat membaca, semakin tinggi minat baca terutama di Era Industri 5.0 "tersebut dihadiri oleh 100orang peserta yang adalah pemuda gereja se-Tapanuli Utara berserta 22 orang pengurus Bamagnas Taput. Dan mendatangkan pembicara dari Jakarta yaitu Bapak Bambang Prakuso M. PA. SSR


Adapun dana yang digunakan untuk kegiatan ini adalah dana hibah Pemkab Taput kepada Bamagnas Tapanuli Utara atas dukungan penuh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si.


"Kiranya kegiatan ini bisa berdampak bagi para peserta menjadi agen perubahan, bersama-sama  mendukung dan  mengawal kebijakan Pemkab Taput dalam pembangunan Tapanuli Utara kedepannya." Ungkap Hendra Manto Surbakti.

(Wahyu/red)

COMMENTS