Kolaborasi Poltekes Kemenkes Maluku dengan Lantamal IX Ambon, Wujudkan Masyarakat Pesisir Mengerti Prosedur Keamanan Menyelam


Patrolihukum.com,

(Ambon). Direktur Poltekes Kemenkes Maluku Bapak Haerudin Rasako, SKM., M.Kes. terjun langsung dalam pengabdian masyarakat Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang bertemakan “Pelatihan Mitigasi Kesehatan Pasca Kejadian Barotrauma Berbasis Kepulauan Pada Masyarakat Nelayan Tradisional”, bertempat di Dusun Pulau Osi Desa Eti Kab. Seram Bagian Barat, beberapa waktu lalu. 


Adapun kegiatan ini adalah sebagai wujud sinergitas dari Poltekes Kemenkes Maluku dengan Lantamal IX Ambon guna memberikan edukasi tentang prosedur penyelaman yang aman bagi masyarakat pesisir dan pertolongan pertama tentang barotrauma, oleh karena itu Poltekes Kemenkes Maluku merangkul stakeholder sesuai bidang kelautan yaitu Lantamal IX Ambon


Dalam sambutannya Direktur Poltekes Kemenkes menyampaikan bahwa dalam kegiatan hal yang sangat menarik ini tentunya dirasakan oleh para penyelam tradisional, karena selama ini para penyelam tradisional ini belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang prosedur penyelaman yang aman dan tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan dalam penyelaman.


Pada kesempatan yang sama, Komandan Lantamal IX Ambon menugaskan Koordintor Tim Evakuasi Medis Laut Kapten Laut (K) Agus Wijaya untuk memberikan penjelasan tentang prosedur penyelaman yang aman khususnya bagi para nelayan yang menjadikan laut sebagai mata pencaharian mereka.


“Disini karena masyarakat masih minim tentang bagaimana cara mencari ikan yang aman dengan cara menyelam cenderung hanya memanfaatkan alat yang ada dan tidak banyak memperhatikan masalah keamanan dalam menyelam, dilansir dari kejadian Barotrauma yang mebahayakan bagi para nelayan yang menyelam untuk mencari ikan,” ucap Kapten Laut (K) Agus. 


Pada acara bersamaan Tim Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku memberikan edukasi tentang pertolongan pertama apabila terjadi Barotrauma. 


Adapun edukasi penanganan barotrauma disampaikan oleh Bapak Suardi Zerimi, S.ST.,M.KKK yang berisi tentang langkah-langkah pertolongan jika nelayan mengalami barotrauma. Selain memberikan tentang edukasi, tim pengabdian masyarakat ini juga memberikan  sejumlah bingkisan berupa 10 set alat snorkling, 30 gantungan berlogo Lantamal IX dan Modul Menyelam Aman beserta Modul Barotrauma 2 buah. 


Setelah penyampaian sosialisasi dan informasi mengenai keamanan saat menyelam dan penanganan barotrauma, dilanjutkan dengan mempraktekkan langsung bagaimana mendapatkan teknik menyelam yang aman dan memanfaatkan alat selam agar tidak terjadi kecelakaan yang didampingi langsung oleh instruktur selam dari Lantamal IX.


Adapun saat  praktek lapangan instruktur juga memberikan kode-kode bawah air saat menyelam.  Kegiatan ini melibatkan dari personel P{oltekes Kemenkes dan Lantamal IX antara Lain, Tim Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku yaitu Bapak Haerudin Rasako, SKM.,M.Kes (Direktur Poltekes Kemenkes Maluku), Ibu Mintje Maria Nendisa (Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Maluku), Bapak Suardi Zurimi, S. ST.,M. KKK (Bag Akademik Prodi Keperawatan Kemenkes Maluku) dan Bapak Hamdan Hariawan, M.Kep (Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku). 


Sedangkan tim dari Lantamal IX yaitu Kapten Laut (K) Agus Wijaya (Kaur Prev Diskes), Kapten Laut (T) Dirmanto (Kaur Ops Tim Intel), Pelda Ttu Samsul Bahri (Ur. Non APBN-1 Akun) dan Serka Tku Agus Dwi Pranata (Ur. Media Tv-Internet Dispen). (Pen Lantamal IX/Ambon)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال