Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2024 Di Kecamatan Onan Runggu , Di Hadiri Oleh Wakil Bupati Samosir.


Patroli Hukum Samosir (16/02/2023)

Pemerintah Kecamatan Onan Runggu melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di aula Katholik Santo Paulus Onan Runggu. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Samosir , unsur Pimpinan OPD se-Kab.Samosir , Kepala Desa se-Kec. Onan Runggu , Ka.Instansi/Jabatan se-Kec.Onan Runggu , Ka. SD/SMP / SMA se-Kec.Onan Runggu , Ketua gugus PAUD Kec. Onan Runggu ,FKTM Kec. Onan Runggu , Rohaniawan Kec. Onan Runggu , Ormas Kec. Onan Runggu , Koramil Nainggolan , Polsek Nainggolan.


Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota.


Dalam sambutannya Wakil Bupati  menegaskan bahwa hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD.


“Untuk Pemerintah Desa,  menghimbau agar catatan yang sudah disampaikan oleh OPD dalam menjawab usulan bapak ibu semua agar benar-benar diperhatikan, khususnya terkait usulan infrastruktur dan peralatan yang diserahkan ke masyarakat. Untuk Infrastruktur harus ada dukungan kesediaan lahan yang dibuktikan dengan hak,” kata Wakil Bupati Samosir , Martua Sitanggang MM dan juga menegaskan bahwa Kabupaten tidak akan bisa maju tanpa kemajuan dari Desa.


Selain itu, lanjut Wakil Bupati, usulan peralatan untuk masyarakat sudah harus disediakan kelompok sasaran melalui SK Kepala Desa yang diketahui oleh camat. “Jika dukungan tersebut tidak dipenuhi , maka OPD akan memprioritaskan desa/kecamatan yang lebih siap,” tegas Martua Sitanggang MM , sebagai Wakil Bupati Samosir.


Sementara itu, Camat Onan Runggu  Agus Bonar P Gultom , mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa/kelurahan. “Dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah, terang Agus Bonar P Gultom.


Agus Bonar P Gultom menambahkan, dalam musrenbang ini dibagi menjadi 3 bidang, antara lain bidang infrastruktur dan pembangunan wilayah, bidang ekonomi dan pertanian, serta bidang sosial pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat. “Setiap bidang mengusulkan  usulan yang jadi prioritas untuk diusulkan ke musrenbang tingkat kabupaten dengan membentuk tim dilegasi yang disepakati untuk mengawal hasil musrenbang tingkat kecamatan ke musrenbang tingkat kabupaten,” imbuhnya.


Para kepala desa dan para kepala sekolah se kec onan runggu meminta kepada opd atau kepada  pemerintah ,agar usulan yang sudah prioritas supaya di realisasikan dalam jangka yang tidak terlalu lama kalau bisa tahun ini pembangunan nya ,baikpun infrastruktur jalan ,pertanian ,dan pariwisata.


Ada pun keluhan dari beberapa masyarakyat yang menghadiri Musrenbang kecamatan tersebut , sangat menyayangkan karna satupun  DPRD tidak ada yang hadir dari dapil 2.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال