Prajurit Naga Karimata Kembangkan Modul Start/Stop Engine Tank Berbasis IOT

Patrolihukum.com,

Medan - Dalam rangka mendukung tugas Kodam I/BB yang semakin dinamis dan kompleksitas tugas dengan menuntut kesiapsiagaan operasional.


Maka, Satuan Batalyon Kavaleri-6/Naga Karimata mengikuti perkembangan teknologi dengan mengembangkan inovasi dan Kreativitas berhasil merakit modul start/stop engine yang mampu menghidupkan dan mematikan mesin ranpur melalui jaringan Internet Of Things (IOT). 


Hal ini disampaikan Komandan Batalyon Kavaleri 6 Naga Karimata (Danyonkav 6/NK) Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara SIP, saat menerima laporan kegiatan dari perwira seksi pemeliharaan kendaraan tempur lapis baja secara rutin dan berkala, di Makoyonkav, Senin (27/02/2023). 


Menurut Letkol Kav Nugraha Yudha, dengan hadirnya modul ini diharapkan bisa menjadi alternatif bagi Tank AMX-13 retrofit untuk pemanasan mesin lebih cepat, dengan memanfaatkan teknologi android yang disambungkan dengan jaringan WiFI dan terhubung dengan modul start/stop engine. 


"Teknologi ini dikembangkan oleh Letda Kav M. Bimantara R bersama tim pemeliharaan satuan dengan hasil Tank AMX-13 retrofit dapat dihidupkan mesinnya tanpa awak, " ungkapnya.


Lebih lanjut dijelaskan, terobosan teknologi I.O.T dapat menjawab kompleksitas tugas satuan khususnya dalam hal pemanasan ranpur tanpa awak. 


"Dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi serta kompleksitas tugas yang menuntut kecepatan dan faktor keamanan yang tinggi, diharapkan inovasi IOT ini dapat bermanfaat bagi satuan Kavaleri TNI AD, " pungkasnya.


Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال