Musrenbang Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023.


Patrolihukum.com,

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Indra S. H. Simaremare, M.Si, didampingi Ketua DPRD Taput Rudi Nababan dan Wakil Ketua DPRD Ir. Reguel Simanjuntak membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023,  dengan Tema RKPD :"Konsolidasi dan Sinergitas Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024". Bertempat di Sopo Partungkoan Tarutung, Kamis (08/03/2023). 


Dalam kesempatan tersebut Sekda Indra S.H Simaremare menyampaikan pesan Bupati Taput Nikson Nababan, beliau menjelaskan bahwa Forum lintas Perangkat Daerah yang dilaksanakan ini sangat penting dalam membahas usulan kecamatan dan mempertajam rencana kerja perangkat daerah. Disamping memenuhi tuntutan pendekatan pembangunan berdasarkan peraturan perundang-undangan, juga akan membuat perencanaan pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program/kegiatan, kemudian menetapkan target capaian yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan, baik pencapaian target tahunan maupun jangka menengah lima tahunan.


“Oleh sebab itu, seluruh Perangkat Daerah harus paham betul terkait isu-isu strategis yang dihadapi serta lebih obyektif dalam menentukan target kinerja yang akan dicapai dalam rencana kerja tahun 2024, Arah kebijakan pembangunan pada tahun 2024 yaitu difokuskan pada upaya pengoptimalan dan mensinergikan pencapaian Visi Dan Misi Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara” ujar Sekda.


Dalam kesempatan tersebut Sekda menyampaikan harapan Bupati Taput bahwa Prioritas Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024  diantaranya : 1) pemantapan dan pemerataan infrastruktur yaitu : meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas jalan, meningkatkan akses masyarakat terhadap perumahan dan permukiman layak, meningkatkan pengelolaan sumber daya air, Meningkatkan sistem penanggulangan bencana yang responsif;2)Pengembangan usaha ekonomi kerakyatan yaitu : Meningkatkan pertumbuhan umkm, Peningkatan kontribusi pdrb sektor perdagangan, Meningkatkan  nilai  investasi, Meningkatkan kontribusi pdrb sektor industri pengolaha dan Meningkatkan koperasi berkualitas; 3). Ketahanan pangan yang berkelanjutan yaitu Meningkatkan  produksi dan kualitas produk pertanian , Menurunnya daerah rentan pangan, dan Meningkatkan diversifikasi pangan;


4)Pemerataan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan yaitu : Pemenuhan standar pendidikan; DAN Meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas; 5)Pengembangan wisata yaitu Meningkatkan pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata ; 6)Meningkatkan capaian kinerja pembangunan  yaitu meningkatkan akuntabilitas kinerja, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan, 7)Pengembangan riset dan inovasi daerah yaitu Meningkatkan pemanfaatan riset dan inovasi  dan Pengembangan inovasi perangkat daerah.


“Harus diperhitungkan capaian output dan outcomenya secara akurat. selain melakukan efesiensi dan efektivitas belanja dalam mengantisipasi keterbatasan penerimaan apbd, maka saya perlu tegaskan kepada seluruh perangkat daerah untuk mengambil langkah-langkah mendapatkan sumber pembiayaan pembangunan lain melalui apbd provinsi, apbn maupun menggalang dukungan dari csr perusahaan” tambah Sekda.



“Saya minta kepada semua Pimpinan Perangkat Daerah untuk menciptakan terobosan dan ide baru serta inovasi serta bersinergi  dengan harapan keterbatasan anggara tidak menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memajukan Tapanuli Utara.  

Saya berharap, forum ini dapat menjadi ajang untuk menghimpun dan melahirkan ide-ide dan gagasan yang  cemerlang demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara,” tutup Sekda. (Wahyu/Red)


Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال