Bakamla RI Hadiri Technical Expert Group Meeting di Filipina

 Patrolihukum.com,

Cebu, (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard). Bakamla RI yang diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R. hadir dalam Technical Expert Group Meeting (TEGM) on ASEAN Coast Guard Forum (ACF), di Cebu, Filipina, Rabu (3/5/2023).

 

Forum yang berlangsung sejak Senin (1/5) hingga esok, membahas tonggak pencapaian atau milestone dari upaya Coast Guard dan penegak hukum di laut ASEAN untuk mengesahkan ACF ke dalam mekanisme ASEAN. Tonggak pencapaian tersebut sesuai dengan amanat dari pertemuan pertama para Kepala Coast Guard dan Penegak Hukum di Laut di kawasan ASEAN pada November 2022.

 

Di akhir forum, para delegasi sepakat untuk melanjutkan proses pengesahan ACF dengan disempurnakannya Term of Reference (TOR) dan Concept Paper ACF. Dengan demikian, hasil pertemuan TEGM akan ditindaklanjuti dalam pertemuan Kepala Coast Guard dan penegak hukum di laut di kawasan ASEAN yang berlangsung di Jakarta pada bulan Juni mendatang.

 

Dapat disimpulkan, forum ini merupakan wujud nyata Indonesia bersama dengan penegak hukum di laut di kawasan ASEAN yang terus berupaya menciptakan keamanan, keselamatan dan kestabilan di kawasan.

 

Selain dihadiri oleh Bakamla RI, acara yang diselenggarakan oleh Phillipines Coast Guard (PCG) ini turut dihadiri pula oleh Singapore Police Coast Guard and Thailand Maritime Command Center (Thai-MECC). Selain itu, delegasi Bakamla RI turut di dampingi oleh Diplomat dari Kementerian Luar Negeri.


Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd


Foto-foto : Humas Bakamla RI

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال