Magspot Blogger Template

Defile Alutsista & Unjuk Kekuatan TNI-Polri Warnai Puncak HUT Ke-78 TNI di Medan

Patrolihukum.com

Medan - Puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI tahun 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/10/2023), berlangsung semarak. Ribuan warga yang hadir di Lapangan Astaka, Jl Pancing Medan itu pun dibuat kagum. 


Bagaimana tidak. Selain defile pasukan dan konvoi alutsista TNI-Polri yang menuai aplaus masyarakat, di acara itu juga disuguhkan atraksi dan unjuk kekuatan fisik prajurit tri matra TNI. Bahkan panggung hiburan Prajurit dengan aneka door prize menarik juga tak ketinggalan dihadirkan.


Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan bersama unsur Forkopimda pun memberikan apresiasi atas kelancaran acara dan suguhan yang ditampilkan.


"Dirgahayu TNI. Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanallahu Wa Ta'ala, selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita, demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama," ucap Pangdam mengutip amanat tertulis Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM. 


Di bagian lain amanatnya, Laksamana Yudo Margono menegaskan, TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. 


Berbagai ancaman, gangguan, hambatan,

dan tantangan terhadap kedaulatan negara,

keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.


Berdasarkan hasil survei dari berbagai

lembaga survei di tanah air, TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri. 


"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini," sebut Pangdam meneruskan kalimat Panglima TNI.  


"Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI yang mengangkat tema 'TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju' ini harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh," tegas Pangdam. 


Tema ini diangkat karena salah satu

tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa

Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah (38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kota). 


Di akhir amanatnya, Laksamana Yudo Margono menekankan,laksanakan komitmen netralitas TNI, ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan, terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini, serta menjalin komunikasi, kerja sama dan

sinergitas dengan Polri, kementerian atau lembaga dan komponen bangsa lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk, dan selalu menjaga nama baik TNI di manapun berada. 


"Selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum," tutup Pangdam. 


Hadir di acara, antara lain Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Pj Gubsu, Mayjen TNI (Purn) Hassanudin, Kapoldasu, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kabindasu, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Johanes Djarnako Wibowo, Dankosek I Medan, Marsma TNI Reka Budiarsa, Kadilmilti I Medan, Kaotmil I Medan, Kasdam I/BB, para PJU TNI-Polri wilayah Medan, serta Ketua Persit KCK PD I BB, Ketua Bhayangkari Poldasu, Ketua Jalasenastri Korcab I DJA I Lantamal I Belawan, Ketua PIA Ardya Garini Cabang 23/DI Kosek I Medan beserta masing-masing pengurus jajaran, dan tamu undangan lainnya. 


Sumber: Pendam I/BB

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال