Magspot Blogger Template

Penyuluhan Kesehatan Posbindu PTM TMMD Ke-118 Kodim 0201/Medan.

Patrolihukum.com,

Medan Marelan - Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.


TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0201/Medan bersama Dinkes Pemko Medan menggelar kegiatan penyuluhan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM, di Kantor Lurah Paya Pasir,  Kec. Medan Marelan. Jumat (06/10/2023).


Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).


Kegiatan penyuluhan yang dihadiri puluhan masyarakat tersebut, diharapkan dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan.


Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.


Selain melakukan Penyuluhan,  Posbindu PTM ini juga melakukan pemeriksaan deteksi dini faktor risiko yang dilakukan dengan wawancara terarah melalui penggunaan instrumen atau formulir untuk mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular dalam keluarga yang telah diderita sebelumnya.


Pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah.


Selanjutnya, pemeriksaan gula darah, kolesterol total, trigliserida, pengukuran arus puncak ekspirasi (APE) serta konseling. (Ridcat)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال