Peringatan Hari Ibu Ke-91, Pangdam I/BB: Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya

PATROLI HUKUM.COM, Medan - Tema Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 Tahun 2019 "Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya" diharapkan menjadi titik awal gerakan percepatan Pemberdayaan Gerakan Perempuan di berbagai bidang pembangunan serta memberikan perlindungan bagi perempuan.

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah saat membaca amanat tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada upacara PHI ke-91 Tahun 2019 di Lapangan Upacara Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (23/12/2019).

Dikatakan Pangdam, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.

Karena itulah, hakikat PHI setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh Rakyat Indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momen kebangkitan bangsa, penggalangan rasa Persatuan dan Kesatuan, serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan  kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat Persatuan dan Kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram, damai, adil dan makmur.

Hal ini sebagimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

"Untuk itu, sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, maka PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Nasional sekaligus tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri," jelas Mayjen TNI Fadhilah."

Menteri PPPA RI, lanjut Mayjen Fadhilah, mengharapkan PHI sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

"Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak (Agent of Change)," ungkap Mayjen Fadhilah.

Menteri PPPA RI, kata Mayjen Fadhilah lagi, mengajak semua perempuan untuk terus maju, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan tentunya akan bersama laki-laki menjadi kekuatan besar yang memastikan terwujudnya SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia maju.

"Selamat Hari Ibu ke-91 bagi kita semua. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi semua langkah dan perjuangan dalam membangun bangsa dan negara tercinta, Indonesia," pungkas Mayjen Fadhilah menyampaikan amanat Menteri PPPA RI.

Turut hadir dalam upacara ini, di antaranya Kasdam I/BB, Brigjen TNI Untung Budiharto,  Irdam, Kapok Sahli Pangdam, para Staf Ahli Pangdam, Asisten Kasdam, Kabalak dan para Dansat BS.(Rahmad/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال