Danramil 10 Kunto Darussalam : Sejarah Kebangsaan Indonesia dan Cinta NKRI

PATROLI HUKUM.COM, Rokan Hulu – Puluhan pelajar Sekolah SMAN 1 Kunto Darussalam menerima materi wawasan kebangsaan dari Danramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Kapten Inf Sulaiman, Rabu (05/02).

Dalam penjelasannya, Kapten Inf Sulaiman menguraikan definisi dari Wawasan Kebangsaan yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa.

“Menjadikan bangsa yang kuat, rukun, bersatu, berdaya saing tinggi dan sejahtera serta menjamin terjaganya sejarah kebangsaan Indonesia dan Cinta NKRI”, papar Kapten Inf Sulaiman di Kelas XII Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam.

Dikatakan Sulaiman, mengenai Wawasan kebangsaan yang merupakan salah satu unsur penting dalam menciptakan karakter kepemimpinan. Wawasan kebangsaan juga dapat menyatukan bangsa dan negara secara menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Wawasan kebangsaan memberikan cara pandang bagi diri kita untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa”, jelasnya.

Selain itu, Jika dalam diri masing-masing kita tertanam pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan, maka akan tercipta bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi dan sejahtera.

“Merujuk pada itu semua diperlukan pemahaman, penghayatan dan implementasi 4 pilar yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa, empat pilar tersebut yakni, Pancasila, UUD 1945,  NKRI dan Bhineka Tunggal Ika”, imbuhnya.(Marlin)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال