BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Pada Saat Perayaan Hari Jadi ke-18 Kabupaten Samosir , Bupati Samosir Telah Membagikan BPJS Dan Pupuk Gratis

Patrolihukum.com, Samosir – Pada Perayaan Puncak Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-18 Kabupaten Samosir, Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Waki...


Patrolihukum.com,

Samosir – Pada Perayaan Puncak Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-18 Kabupaten Samosir, Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Wakil Bupati Martua Sitanggang membagikan Kartu BPJS gratis dan pupuk gratis kepada perwakilan masyarakat, yang merupakan bagian dari 10 Program Unggulan pembangunan daerah Kabupaten Samosir, bertempat di Halaman Perkantoran Bupati Samosir, Pangururan, Selasa (1/2/2022)

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Vandiko menyerahkan SK Bupati kepada 5 (lima) Desa Wisata, menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat pada kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 1.000 bidang/sertifikat, menyerahkan CSR berupa beasiswa dari PT. Bank Sumut berupa bantuan sosial pendidikan sebesar Rp. 151.500.000, kepada putra-putri Kabupaten Samosir yang berprestasi, penyerahan life jacket kepada pengusaha kapal, serta menandatangani Prasasti peresmian Rumah Susun RSUD Dr. Hadrianus Sinaga.


Dalam pidatonya, Bupati Vandiko  menyampaikan Raihan Prestasi Yang Di Capai dan beberapa pencapaian penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Samosir, yaitu; 


Pertama, bahwa Pemkab Samosir telah meraih Predikat Terbaik Kedua Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 tingkat Provinsi Sumatera Utara. 


Kedua,  sebagai program pengamanan aset Pemkab Samosir pada tahun 2021 telah menerbitkan sertifikat tanah milik Pemkab Samosir sebanyak 20 persil.

Ketiga, dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan kebudayaan, Pemkab Samosir bersama DPRD Kabupaten Samosir telah menandatangani persetujuan bersama atas Ranperda Kab. Samosir tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat, tanah ulayat batak dan pemanfaatannya.


Keempat, dalam upaya penanganan dan pencegahan COVID-19, Pemkab Samosir mendukung program pemerintah pusat dengan pelaksanaan vaksin dosis 1, 2 dan booster, dalam pelaksanaan vaksin ini, Pemkab Samosir meraih penghargaan terbaik pertama dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.


Pencapaian kelima, yang dipaparkan Bupati Samosir dalam Perayaan Hari Jadi tersebut, yakni untuk mewujudkan agenda 10 program prioritas pembangunan daerah, Pemkab Samosir telah menyalurkan bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis terhadap warga Samosir sebanyak 9778 orang per bulan Februari 2022. 


Keenam, Pemkab Samosir mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan menjadi perwakilan Provinsi Sumut, serta atlet asal Samosir yang mewakili Provsu berhasil medali perunggu pada ajang PON XX Papua.


Ketujuh, Pemkab Samosir berhasil meraih Nilai B pada tahun 2021 dalam Pelaksanaan Evaluasi Pelayanan Publik lingkup Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah.


Kedelapan, dalam rangka pemenuhan pupuk dan peningkatan produksi pertanian, Pemkab Samosir akan membagikan Pupuk Organik Cair (POC) kepada 26 kelompok tani.


Kesembilan, sebagai bagian dari proses pengadaan barang jasa, bahwa di awal Tahun Anggaran 2022 seluruh informasi kegiatan pengadaan barang/jasa telah tercantum dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, dengan harapan dapat memacu perputaran roda perekonomian masyarakat disamping untuk percepatan penyerapan anggaran. 


Kesepuluh, pada tanggal 2 Februari yang lalu, Kabupaten Samosir mendapat Kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan dalam rangka peresmian revitalisasi pembangunan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja, sebagai dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan Destinasi Parawisata Super Prioritas (DPSP). Pemkab Samosir juga telah menetapkan 53 desa wisata melalui Perbup Nomor 77 tahun 2022 untuk mendukung percepatan pembangunan desa wisata.


Bupati dan Wakil Bupati Samosir menyampaikan bahwa Perayaan Hari Jadi Kab. Samosir dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan dalam musibah Pandemi COVID-19 yang sedang mewabah, tanpa mengurangi makna sesungguhnya.


Kepada seluruh peserta undangan yang jumlahnya terbatas , tetap menerapkan agar menggunakan aplikasi Peduli Lindung dan wajib masker

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Red)

COMMENTS