Bakamla RI Sosialisasikan Keselamatan Laut dan Kesehatan Kerja Bagi Nelayan Sulawesi Utara


Patrolihukum.com,

Serei, 1 Juni 2022 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard)---Sejumlah 45 orang nelayan dari Serei mendapat pendalaman kompetensi di bidang keselamatan laut dan kesehatan kerja. Kegiatan berlangsung di Pangkalan Armada Serei, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kemarin. 


Kepala Pangkalan Armada Serei Kolonel Bakamla Asep Budiman mengatakan Sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, Bakamla berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir, khususnya nelayan tentang pentingnya keamanan dan keselamatan di laut, serta kesadaran tentang kesehatan dan keselamatan kerja bagi para nelayan. 


Bersinergi dengan Basarnas dan Dinas Tenaga Kerja Pemkab Minahasa Utara. Kegiatan sosialisasi turut menghadirikan narasumber yang berkompeten dibidangnya. Hadir narasumber dari Kantor SAR Kelas A Manado Nuriadin Gumeleng yang menyampaikan materi tentang keselamatan berlayar di laut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Minahasa Utara Edwin Ombuh, S.Sos, M.Si yang menyampaikan materi kesehatan kerja di laut.


Tak ketinggalan Kepala Pangkalan Armada Serei Kolonel Asep Budiman juga menyampaikan materi tentang kelaikan kapal dan pengawak kapal penangkapan ikan. Serta Kasubag TU Pangkalan Serei Letkol Bakamla Senly Manitik, S.pd, M.H., menyampaikan materi tentang pengetahuan kesehatan bagi para nelayan.


Diharapkan kegiatan ini dapat turut memberikan dampak yang signifikan, dalam membangun kesadaran nelayan akan pentingnya faktor keamanan dan keselamatan dalam melaut. Terlebih lagi, kelaikan kapal dan kesehatan kerja ini penting untuk diketahui semua nelayan. “Sehingga situasi kritis dapat terkendali, dan minim adanya korban jiwa atau materi,”ujar Kolonel Bakamla Asep Budiman. 


Autentikasi: Pranata Humas Ahli Madya Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.


Foto-foto: Humas Bakamla RI

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال